Kepulauan Meranti

Warga Meranti Rawan Terancam Kebakaran Akibat Instalasi Listrik

Warga Meranti Rawan Terancam Kebakaran Akibat Instalasi Listrik

Penulis : Zainuddin

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM – Akhir-akhir ini warga Kabupaten Kepulauan Meranti rawan ditimpa musibah kebakaran disebabkan instalasi listrik. Belum lama,warga Jalan Handayani Kelurahan Selatpanjang Timur Kecamatan Tebing Tinggi,dibagian dapur rumahnya habis hangus dilalap si jago merah disebabkan instalasi listrik.


Selasa (29/08/2017) waktu dini hari, menyusul lagi rumah warga Kelurahan Teluk Belitung,Kecamatan Merbau menjadi korban musibah kebakaran, sehingga rumahnya hangus dan rata dengan tanah juga disebabkan instalasi listrik.

Tentunya hal ini menjadi masalah dan menjadi ancaman bagi kehidupan warga Kabupaten Kepulauan Meranti rawan kebakaran disebabkan instalasi listrik.

Baca Juga :  Wabup Meranti,H.Said Hasyim Lantik Dewan Pengupahan

Pertanyaannya,siapa yang salah dan siapa yang harus bertanggungjawab atas musibah yang menimpa warga masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti ini..? Apakah pihah PT.PLN Rayon Selatpanjang,atau pihak Biro Teknis Listrik (BTL),dan atau korban kebakaran itu sendiri. Hal ini tentunya perlu dipertanyakan.


Apa sih tugas,dan apa sih yang diperiksa petugas P2TL datang ke rumah pelanggan perusahaan milik negara itu.? Jawabnya,petugas P2TL datang ke rumah pelanggan yang diperiksa pertama adalah,administrasi data pelanggan sebagai data rekening listrik terakhir. Selanjutnya,petugas P2TL melakukan pemeriksaan secara visual terhadap “instalasi yang terpasang” di rumah atau bangunan milik pelanggan seperti memeriksa Alat Pembatas dan Pengukur (APP) dan segel yang terpasang.

Baca Juga :  Dihadiri Bupati, IPSI Meranti Gelar Pengalangan Dana Peduli Riyan Aldini

BTL,merupakan Sub Kontraktor dari perusahaan baret merah itu melakukan pemasangan instalasi listrik di rumah pelanggan. Apakah sudah benar biro-biro itu memasang instalasi listrik di rumah pelanggan sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh pihak PLN. Hal itu juga perlu dipertanyakan.

Terkait masalah tersebut,Senin (29/08/2017) redaksi TIRAIPESISIR.COM mencoba melakukan konfirmasi terhadap Manager PT.PLN Rayon Selatpanjang,Annas Yasin Ilmianto melalui telepon selulernya 0853.6394.16..tentang kejadian musibah kebakaran yang menimpa warga masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti disebabkan instalasi listrik,kepada TIRAIPESISIR.COM ia mengatakan,masalah itu bukan tanggungjawab kami,karena hak kami hanya sampai KWH Meter.

Baca Juga :  Sadar Pemilu Gubri Dan Wagubri Serentak 2018, KPU Meranti Gelar Jalan Santai

“Masalah instalasi listrik bukan hak dan tanggungjawab kami,hak kami hanya sampai KWH Meter yang terpasang di rumah pelanggan,”kata Annas menegaskan.

Ketika ditanya tentang Instalasi Listrik,ia mengatakan itu adalah hak dan tanggungjawab BTL.

“Yang bertanggungjawab terhadap instalasi listrik adalah BTL,hak dan tanggungjawab kami dari PT.PLN hanya sampai KWH Meter,”ujar Annas mengulangi penegasannya.***


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: