Labuhanbatu

WANITA HARUS MENYADARI PENTINGNYA DILAKUKAN IVA TEST DEMI KESEHATAN

WANITA HARUS MENYADARI PENTINGNYA DILAKUKAN IVA TEST DEMI KESEHATAN

TIRAIPESISIR.COM – Kelurahan Siringo-ringo adalah salah satu Kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Rantau utara Kabupaten Labuhanbatu dengan luas wilayah 685 Ha, dimana Kelurahan ini mempunyai sembilan lingkungan yaitu Lingkungan Aek Siranda, Cut Nyak Dien, Pelita, Pemancar, Kampung Tali, Cut Mutia, Kayu Raja, Pondok Tengah dan Lingkungan Tennis dengan jumlah Pengurus PKK Kelurahan sebanyak 34 orang yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, Ketua Pokja I sampai dengan Pokja IV dan Anggota.

Beranjak dari itulah Tim Penggerak PKK Kelurahan Siringo-ringo yang diketuai Ade Irawani Harahap, S.Kes bersama pengurus dan anggotanya dalam melaksanakan rangkaian kegiatan sembilan lomba dalam rangka HKG PKK, BBGRM dan HKG PKK KB Kesehatan Tahun 2018, dimana dalam kegiatan tersebut Tim Penggerak PKK Kelurahan Siringo-ringo turut mengikuti Lomba IV Test, makanya sebelum lomba dilaksanakan terlebih dahulu kami melaksanakan sosialisasi atau penyuluhan kepada masyarakat di kelurahan ini, jelasnya.


Menurut Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Siringo-ringo ini, Penyuluhan IV Test di beberapa lingkungan Kelurahan Siringo-ringo tujuannya adalah agar perempuan yang telah menikah dan telah melakukan aktivitas seksual dapat memeriksakan kesehatan kewanitaannya terutama kesehatan leher rahim/serviks mencegah terjadinya kanker leher rahim.

“Dari hasil penyuluhan yang kami lakukan itu ternyata membuahkan hasil sebab partisipasi warga yang mau memeriksakan kesehatan kewanitaannya sangat tinggi, pemeriksaan IV A Test tersebut dilaksanakan di Puskesmas Kota atas swadaya dari masyarakat Kelurahan Siringo-ringo”, jelas Ade Irawan Harahap, S.Kes.

Lebih lanjut Istri Lurah Siringo-ringo itu, menjelaskan bahwa IVA (Inpeksi Visual Asam asetat) adalah pemeriksaan leher rahim (serviks) dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan laruran asam asetat 3 sampai dengan 5%, dengan cara ini kita dapat mendeteksi kanker rahim sedini mungkin.


“IV Test merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi kanker leher rahim dan juga skrining alternatife dari pap smear karena biasanya lebih murah, praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dan peralatan sederhana serta dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan selain dokter ginekologi”, jelas wanita muda sarjana kesehatan ini.

Boru Harahap ini juga mengungkapkan, bahwa menurut Ibu Negara yaitu Ibu Iriana Jokowi pemeriksaan IV A Test harus dilaksanakan, mengingat kanker serviks merupakan penyebab kematian nomor 2 pada wanita setelah kanker payudara dan payung hukum pelaksanaan IV A Test adalah Permenkes No.29 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2015 Tentang Penanggulangan Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim.

Jumlah wanita usia subur di Kelurahan Siringo-ringo yang sudah menikah dan diperiksa IV A Testnya di Tahun 2015 sebanyak 33 orang, di Tahun 2016 sebanyak 51 orang dan di Tahun 2017 sebanyak 79 orang, total yang sudah diperiksa dari Tahun 2015 sampai dengan 2017 sebanyak 163 orang, angka tersebut akan terus bertambah dengan semakin banyaknya kemauan dan kesadaran dari setiap wanita yang telah menyadari pentingnya dilakukan IV A test demi kesehatan.

Peningkatan kualitas kesehatan wanita yang dilaksanakan melalui kegiatan IV A test di Kelurahan Siringo-ringo diharapkan dapat menekan angka kematian akibat kanker serviks, deteksi dini kanker serviks dengan melaksanakan kegiatan sosialisai dan penggerakan masyarakat, jelas ibu Lurah Siringo-ringo ini. (Okta)

Editor     :
Sumber :
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: