Kepulauan Meranti

Upaya Pencegahan Karhutla, Babinsa Koramil 02 Tebing Tinggi Bersama MPA dan Linmas Patroli di Desa Tenan

Upaya Pencegahan Karhutla, Babinsa Koramil 02 Tebing Tinggi Bersama MPA dan Linmas Patroli di Desa Tenan

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Upaya dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kodim 0303/Bengkalis melalui Babinsa koramil 02/Tebing Tinggi Serda Turyoko, melaksanakan patroli rutin di Desa Tenan, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten kepulauan Meranti, Kamis (8/10/2020).

Turut hadir dalam pelaksanaan tersebut, Babinsa Koramil 02/Tebing Tinggi Serda Turyoko, Linmas, Masyarakat Peduli Api (MPA).


Serda Turyoko mengatakan, patroli ini dilaksanakan untuk menekan terjadinya Karhutla di desa tenan, yang merupakan bagian dari desa binaan Koramil 02/Tebing Tinggi. Untuk meminimalisir adanya kebakaran yang sering terjadi di wilayah desa binaan.

Baca Juga :  Seminar KNPI Meranti, Hanafi : Pemuda Meranti Harus Kreatif

“Dengan adanya patroli masyarakat mengerti pentingnya patroli tersebut dan efek dari Karhutla itu sendiri dan kesadaran masyarakat cara membuka lahan,” ujarnya.

“Memberikan pengarahan tentang karhutla, mengantisipasi suhu udara panas agar tidak membuka lahan dengan cara di bakar dan saling menjaga lahannya agar tidak terbakar dan memonitor munculnya titik api di daerah rawan tersebut. Selain itu patroli juga meliputi pengecekan ketersediaan sumber air jika sewaktu waktu terjadi karhutla,” sambungnya.


Tambahnya lagi, mensosialisasi kepada Masyarakat, terutama pemilik kebun, masyarakat yang di jumpai di route patroli agar memahami tentang bahaya karhutla bagi kesehatan, lingkungan, terutama ke anak-anak.

Baca Juga :  Rakor Sosialisasi BPNT di Meranti, Kadis Agus : Data Penerima Jadi Persoalan Crusial Dalam Penyaluran

“Untuk kegiatan Patroli Karhutla ini. Babinsa sangat di respon positif oleh warga, berharap agar babinsa selalu memberikan pengertian terhadap masyarakat agar masyarakat juga paham dengan efek karhutla itu.” Tutupnya.(B015/09)

Editor : Agus Salim Hs


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: