Kepulauan Meranti

Tiang Listrik Tenaga Surya Pelabuhan Baran Melintang Ambruk Ancam Keselamatan Warga

Tiang Listrik Tenaga Surya Pelabuhan Baran Melintang Ambruk Ancam Keselamatan Warga
Foto : arwan saputra/tiraipesisir.com

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Listrik tenaga surya yang dipasang di Pelabuhan Utama Desa Baran Melintang Kecamatan Pulau Merbau Kabupaten Meranti, ambles dikarenakan struktur bangunannya kelihatan sudah tidak ada kekuatan.


Wagimin warga Desa Baran Melintang membenarkan kejadian tersebut. “Benar, tiang listrik tenaga surya tumbang,” ujarnya saat ditemui media, Jumat (08/11).

Wagimin yang diketahui sebagai pedagang yang setiap harinya menggunakan jasa pelabuhan menerangkan bahwa pelabuhan Desa Baran Melintang sudah satu tahun terakhir ini mengalami kondisi rusak parah dan belum disintuh pembangunan baik dari pihak pemerintah daerah, pemerintah Desa, maupun pemerintah pusat.


“Pelabuhan utama Desa Baran Melintang sudah setahun terakhir ini mengalami rusak berat, dan sampai hari ini belum ada disentuh pembangunan baik dari desa, daerah maupun pusat,” urainya lagi.

Baca Juga :  Dicari orang hilang, Jika Menemukan Harap Hubungi Pihak Keluarga

Wagimin berharap, agar pihak Desa dan Pemda dapat segera menyelesaikan persoalan pembangunan pelabuhan tersebut.

“Kami selaku masyarakat dan pengguna jasa pelabuhan mengharapkan kepada pihak desa dan pemerintah daerah segera menyelesaikan persoalan ini,”imbuhnya.

Secara terpisah, Wakil Ketua Badan Pemantau Kebijakan Publik (BPKP) Auzir Sanip menyayangkan, bahwa sarana utama warga desa seperti pelabuhan Desa Baran Melintang itu belum menjadi perhatian bagi pihak desa dan pemerintah daerah Kabupaten Meranti, bahkan dampaknya sudah menelan korban yakni ambruknya tiang listrik tenaga surya di pelabuhanbatu itu.

Baca Juga :  Imigrasi Selatpanjang Berbagi Sehat dengan Semua Kalangan

“Seharusnya pelabuhan ini sudah selayaknya dibangun mengingat bangunan pelabuhan ini sudah lama dibiarkan rusak berat, ditambah lagi tiang listrik tenaga surya pada pelabuhan tersebut sudah ambruk akibat konstruksi bangunannya sudah rapuh dan tidak ada kekuatan lagi,” katanya.

Menurutnya, pelabuhan Desa Baran Melintang ini merupakan roda perekonomian masyarakat dan pintu masuk aktifitas turun naik barang dan penumpang,malah menjadi momok yang mengerikan bagi warga pengguna jasa pelabuhan itu.

“Kita khawatir terjadi korban jiwa, sementara kita mengharapkan pelabuhan Desa Melintang ini dalam melayani aktifitas warga dapat memberi rasa aman dan nyaman bagi pengguna jasa pelabuhan tersebut khususnya bagi warga Desa Baran Melintang, bukan malah menjadi tempat yang mekhawatirkan dan membahayakan bagi menguna jasa pelabuhan itu, dan kita juga minta kepada pihak kepolisian Polres Kepulauan Meranti untuk dapat memberikan perhatian terhadap kondisi pelabuhan Desa Baran Melintang, Kecamatan Pulau Merbau itu, apabila nantinya terjadi korban ini bukanlah merupakan musibah tapi sebagai bentuk kelalaian dan ketidak pedulian, sehingga dapat dijerat dengan hukuman tindak pidana,” tandasnya. (Arwan Saputra)
Editor : Dewan Redaksi

Baca Juga :  Menkopolhukam Gelar Rakor Bahas Situasi Nasional Pasca Pemilu 2019

author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: