Bintan

Sorgum, Tanaman Palawija Berlimpah dan Bermanfaat

Sorgum, Tanaman Palawija Berlimpah dan Bermanfaat
Sorgum, Tanaman Palawija Berlimpah dan Bermanfaat

BINTAN,TIRAIPESISIR.COM-Sorgum termasuk tanaman jenis Serilia yang berasal dari Afrika. Sorgum batang manis (Sorghum bicolor L. Moench) mudah ditemukan di Indonesia. Di Bali, sorgum ini dikenal dengan nama jagung gimbal. Tanaman yang juga lazim dikenal di Jawa dengan nama ‘cantel’ ini sekeluarga dengan tanaman serealia lainnya, seperti padi, jagung, dan gandum.

Sorgum telah lama dikenal oleh petani Indonesia khususnya di Jawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) namun budidaya dan pengembangannya masih terbatas. Sorgum memiliki daya adaptasi yang luas. Tanaman ini tahan terhadap kekeringan, hal ini dikarenakan domestikasi sorgum yang memang berasal dari Afrika, dimana terkenal dengan iklimnya yang kering.


Sekarang ini tanaman sejenis Sorgum hadir di kabupaten Bintan provinsi Kepri, khususnya di desa Toapaya Selatan Kecamatan Toapaya.

Baca Juga :  Spanduk dan Baliho Ucapan Kedatangan Imam Besar FPI di Kabupaten Bintan Ditertibkan

Menurut Kepala desa Toapaya Selatan Suhenda awalnya mencoba pembibitan pada 14 Oktober 2020. Dan hari ini panen buah pertama untuk pembibitan dulu. Dan untuk tanaman sejenis Sorgum ini kami pihak desa sudah berkerja sama dengan pihak Agro, jamu Nusantara Indonesia dan Puja Kusuma.

“Acara panen hari ini dihadiri forum pemberdayaan perempuan Indonesia untuk naungan provinsi Kepri. Kalau untuk lahan tanaman Sorgum di desa kita ada 4 hektar, itu dibagi untuk 9 kelompok tani dan setiap 2 kelompok mengelola 1 hektar, untuk tanaman Sorgum ini bisa bertahan lama”, tuturnya. Rabu (6/1/2021).


“Mudah-mudahan kedepannya dengan ada pertanian Sorgum ini masyarakat desa Toapaya Selatan bisa menciptakan sebuah desa dengan pertanian yang makmur dan warga sejahtera dan dinas pertanian kabupaten Bintan mendukung penuh program pertanian Sorgum ini,” pungkasnya.

Baca Juga :  Unjuk Rasa di Kawasan Industri Lobam, Dua Orang Reaktif hasil Rapid Test
Editor     : Agus Salim Hs
Sumber : Herman
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: