Kepulauan Meranti

Sekda Meranti Pimpin Musyawarah Desa Pembentukan BUMDes Pulau Merbau

Sekda Meranti Pimpin Musyawarah Desa Pembentukan BUMDes Pulau Merbau
Sekda Meranti Pimpin Musyawarah Desa Pembentukan BUMDes Pulau Merbau

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Dr. H. Kamsol MM, memimpin kegiatan Musyawarah Antar Desa (MAD), Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kecamatan Pulau Merbau, kegiatan dalam upaya pemberdayaan dan pengembangan ekonomi masyarakat tersebut dipusatkan di Kantor Camat Pulau Merbau, Desa Renak Dungun, Rabu (23/12/2020).

Turut hadir mendampingi Sekda, Anggota DPRD Meranti Auzir, Kadis Perikanan Meranti Eldy Syaputra, Kabag Ekonomi H. Abu Hanifah, Kabag Hukum Sudandri, Sekretaris BPMDPD H. Edy M Nur, Kapolsek Tebing Tinggi Iptu. Simamora, Para Kades Se-Kecamatan Pulau Merbau, Tokoh Masyarakat/Agama dan lainnya.


Kedatangan Sekda Kamsol dan rombongan di Kecamatan Pulau Merbau langsung disambut oleh Camat Pulau Merbau Atan Ibrahim dan Forum komunikasi Kecamatan. Yang langsung menggiring kelomasi acara di Aula Kantor Camat Pulau Merbau.

Baca Juga :  Polres Meranti Lakukan Evaluasi Pengendalian Percepatan Penanganan Covid-19

Seperti diketahui, BUMDes adalah salah satu pilar kesejahteraan bangsa, karena merupakan usaha yang didirikan atas dasar komitmen bersama masyarakat bawah, masyarakat akar rumput, yaitu masyarakat desa, untuk saling bekerja sama, bergotong royong, dan menggalang kekuatan ekonomi rakyat demi mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa

Oleh karena itu dengan besarnya manfaat BUMDes bagi masyarakat Desa dalam penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa serta merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa, dihadapan hadirin Sekda Meranti Dr. H. Kamsol MM, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Iapun berharap dengan adanya BUMDes ini dapat mengangkat ekonomi masyarakat agar lebih mandiri.


“Semoga dengan adanya BUMDes ini masyarakat dapat mengembangkan berbagai usaha yang bisa mengangkat ekonomi masyarakat agar, sehingga masyarakat dapat berdikari dengan sendiri nya. Agar tujuan ini dapat tercapai BUMDes dapat melakukan pelatihan-pelatihan usahaan sebagai modal dasar masyarakat berkreasi,” ujar Sekda.

Baca Juga :  Sekda Meranti Buka Sosialisasi Penerapan Standar Pelayanan Publik

Lebih jauh disampaikan Sekda Kamsol, BUMDes memiliki peran yang cukup besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa, bila dikelola secara baik, karena bisa berperan dari hulu hingga hilir. Peran dari hulu misalnya, BUMDes bisa berperan untuk membantu menyalurkan berbagai bantuan dari Pemda dan Pusat. Sedangkan di sektor hilir, BUMDes bisa jadi pengumpul hasil produksi yang dihasilkan oleh masyarakat desa.

Dan yang tak kalah penting melalui BUMDes juga bisa bermitra dengan perbankan untuk menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) yang kini dikelola oleh perbankan pemerintah dan sebagian perbankan swasta. 

Baca Juga :  Bhabinsa Bersama Bhabinkamtibmas Akan Terus Pantau Penyaluran BLT di Setiap Desa

Selanjutnya Sekda Kamsol berharap BUMDes  di Kecamatan Pulau Merbau ini bisa menjadi pendorong ekonomi masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti khususnya Kecamatan Pulau Merbau. Dengan managemen yang baik dan tertata Sekda yakin BUMDes Pulau Merbau nantinya mampu membuka pelang lebih luas untuk masyarakat dengan melahirkan banyak usahawan Desa yang berujung pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sehingga upaya pemerintah dalam menekan angka kemiskinan di Meranti berhasil. 

Kegiatan ditutup dengan acara Silahturahmi antara Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti dan rombongan bersama Aparatur Kecamatan, Desa, tokoh masyarakat lainnya.(A03/AH.01)

Editor     : Agus Salim Hs
Sumber : TPC
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: