Labuhan Batu

Satlantas Bakal Razia di Depan Pintu Gerbang SMP se – Labuhanbatu, Labura dan Labusel

Satlantas Bakal Razia di Depan Pintu Gerbang SMP se – Labuhanbatu, Labura dan Labusel

Rabu 20 September 2017
Satlantas Bakal Razia di Depan Pintu Gerbang SMP se – Labuhanbatu, Labura dan Labusel

Penulis : Oktavianus,SH


RANTAUPRAPAT,TIRAIPESISIR.COM – “Akan kita lakukan penertiban pelajar SMP yang telah mengenderai sepeda motor,”cetus Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Labuhanbatu,AKP Sawangin Manurung saat menjawab pertanyaan warga yang terlontar pada acara temu ramah dan perayaan Hari Jadi Polisi Lalu Lintas (Polantas) ke 62 tahun 2017,Rabu (20/9/2017),di Mapolres Labuhanbatu,Rantauprapat.

Demikian rencana program kerja Satlantas Polres Labuhanbatu ke depan dalam upaya penegakan disiplin dan penertiban berlalu lintas terlebih bagi mereka yang belum memiliki hak untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM). Dengan melakukan razia sepeda motor di gerbang-gerbang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Labuhanbatu, Labura dan Labusel.

Baca Juga :  Masyarakat Panai Hilir Soroti Kinerja Dishut Pemprovsu Terkait Hasil Eksekusi Perkebunan PT SAB

Menurut  AKP S Manurung, hal ini dikarekan pelajar SMP belum memiliki hak untuk mendapatkan SIM C. Sedangkan pengemudi yang tidak memiliki SIM,akan dikenai sangsi denda atau kurungan.


Sementara itu,jumlah data Laka Lantas dan Pelanggaran Lalin yang didapat selama ini cenderung dilakukan oleh pengemudi kenderaan yang di bawah umur,seperti mereka para pengemudi motor yang masih duduk di bangku SMP.

Maka dengan itu, melalui pemberitahuan tertulis pihak Polantas Polres Labuhanbatu akan berkordinasi dengan pihak berwenang yang mengurusi dunia pendidikan,sebut Manurung.

Baca Juga :  Ketahuan Mencuri Sarang Walet, Pria ini Ditangkap Polsek Panai Hilir

Selain itu Manurung juga menjelaskan,Bahwa saat ini situasi umum Lalin di Wilkum Polres Labuhanbatu, drastis mengalami penurunan jika dilihat dari kuantitas laka lantas sebanyak 43,75%. Dan hal yang sama juga didapat dari segi kualitas korban meninggal dunia/fatalitas,mengalami penurunan hingga 36,6%.

Pihaknya juga menambahkan,pada tahun 2016 jumlah Laka 272 kasus, korban meninggal dunia 172 orang. Luka berat sebanyak 175 orang dan luka ringan sebanyak 257. Sedangkan kerugian material Rp 1,069 miliar.

Baca Juga :  Dispora Labuhanbatu Gelar Perlombaan Duta Wisata.

Sementara,tahun 2017 terhitung dari bulan Januari hingga Agustus, angka laka lantas mencapai 153 kasus. Korban meninggal sebanyak 109 orang, luka berat 83 orang dan luka ringan 129 orang. Dan kerugian material Rp 570 juta, ungkap Manurung.***


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: