Kepulauan Meranti

SAMBUNG JARINGAN KILANG SAGU, PLN LAKSANAKAN PENYAMBUNGAN SESUAI PROSEDUR

SAMBUNG JARINGAN KILANG SAGU, PLN LAKSANAKAN PENYAMBUNGAN SESUAI PROSEDUR

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Minggu,(16/06/2019) – Terkait dengan pemberitaan mengenai Pemasangan jaringan listrik baru di beberapa kilang sagu khususnya diwilayah Kecamatan Tebing Tinggi Barat, PLN melaksanakan pekerjaan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Hal ini sesuai dengan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) antara PLN dan calon Pelanggan, dimana penyambungan akan dilaksanakan apabila sesuai dengan kelengkapan yang telah dipenuhi oleh calon pelanggan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Manajer ULP Selatpanjang, Jannatul Firdaus.


“PLN melaksanakan pekerjaan penyambungan sesuai dengan prosedur, dimana pelanggan mendaftarkan pasang baru melalui contact center PLN, setelah mendapatkan nomor registrasi pelanggan dipersilakan untuk membayar biaya penyambungan, apabila secara teknis telah memenuhi, maka PLN akan melakukan penyalaan dan calon pelanggan menandatangi Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik,” ungkap Jannatul.

Baca Juga :  Danposal Selatpanjang, Silahturahmi Ke Kapolres Meranti dan Danramil 02/Tebing Tinggi

Perusahaan Kilang Sagu diketahui sudah mengajukan permohonan penyambungan baru dan telah melunasi Biaya Pasang Baru dan secara bertahap dilakukan penyalaan sesuai kriteria teknik yang dipenuhi.

Untuk beberapa lokasi pekerjaan masih ada yang dalam tahap pembangunan jaringan, PLN bersinergi bersama pelanggan, masyarakat dan Pemda untuk penyelesaiannya.


“Sejak tahun 2018, enam kilang sagu sudah dinyalakan oleh PLN dan masih tersisa lima kilang sagu lagi dalam tahap penyelesaian pembangunan jaringan,” ungkap Jannatul.

Pln sesuai misinya mengupayakan tenaga listrik sebagai pendorong kegiatan ekonomi oleh karena itu potensi sagu di meranti yang cukup besar memerlukan energi listrik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Baca Juga :  APD Minim, 960 Rapid Test Tetap di Gelontorkan

PLN menghimbau kepada pelanggan yang ingin mengajukan permohonan Pasang Baru ataupun Perubahan Daya untuk memanfaatkan layanan Contact Center PLN 123, seperti telepon ke 123, Facebook PLN 123, twitter @pln_123, dan website www.pln.co.id.

Selain itu, PLN juga telah memudahkan akses layanan melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh pada Google Play maupun AppStore.

Melalui Contact Center PLN 123 ini, diharapkan pelanggan akan merasa lebih nyaman dan sebagai upaya dari PLN untuk memutus praktik percaloan oleh oknum-oknum tertentu.

“PLN memiliki patokan harga yang sama untuk Pemasangan Baru dan Tambah Daya di seluruh Indonesia karena telah diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 33 Tahun 2014. Seperti contohnya dalam regulasi tersebut, biaya sambung daya 450 VA sebesar Rp 421 ribu, 900 VA sebesar Rp 843 ribu, dan 1.300 VA sebesar Rp 1,21 juta. Ini sama diseluruh Indonesia,”Tambah Jannatul.

Baca Juga :  Guru Se-Kecamatan Tebing Tinggi Teken Fakta Integritas dan Ikuti Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Diluar itu, konsumen juga diwajibkan untuk mengurus sertifikat layak operasi (SLO) sebagai syarat Pasang Baru. Pengurusan ini dapat melalui perusahaan instalatir yang telah ditunjuk oleh pemerintah (bukan melalui PLN).

Sebagai tambahan, PT PLN sendiri menyediakan simulasi perhitungan pemasangan sambungan listrik baru. Simulasi itu tersedia di laman pln.co.id ataupun plnmobile,untuk Informasi konsumen bisa menghubungi Manager ULP Selatpanjang Jannatul Firdaus.(Edi/A03/09).

Edi Saputra


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: