Labuhan Batu

Rp 137 Juta ADD TA 2015 Desa Teluk Pulai Luar Diduga Raib 

Rp 137 Juta ADD TA 2015 Desa Teluk Pulai Luar Diduga Raib 

Penulis : Hasan Basri

Labura,tiraipesisie.com-Rp 137 juta Dana Desa (ADD) Desa Teluk Pulai Luar,Kecamatan Kualuh Ledong, Kabupaten Labura tahun 2015 diduga raib dan tidak tahu rimbanya. Masyarakat menduga dana Rp 137 juta tersebut ada pemainan Kepala Desa (Kades) Teluk Pulai Luar,M.Sofyan,SP untuk tidak memasukan ke angaran pembangunan desa.

Keterangan Gambar : RAB Desa Teluk Pulai Luar TA 2015. Foto : Hasan Basri/labura.tiraipesisir.com


 Dijelasakan,Desa Teluk Pulai Luar menerima dana ADD Tahun Anggaran (TA) 2015 sebesar Rp 583.001.500,dan dicairkan dua tahap, pertama dicarikan mantan Kades bernisial Ridwan Juhri sebesar Rp 231.848.400. Setelah habis masa jabatnya,pengambilan tahap dua di cairkan Kades,Muhamad Sofyan,SP sebesar Rp 223.843.900,total Rp 445.692.300. “Sementara sisa Rp 137.309.200 lagi tidak diketahui dimana rimbanya,”ujar salah seorang tokoh masyarakat,Puddin Sitorus kepada tiraipesisir.com,Senin (08/01/2018).

Baca Juga :  Terkait Kasus Dugaan Korupsi Wifi,APIP "Warning" Kades Selama 60 Hari

Sambungnya,selain raibnya dana desa tersebut,banyak pengerjaan bagunan fisik tahun 2016 yang di silvakan belum dikerjakan,sedangkan dananya sudah ditarik oleh sang Kades,dan dialihkan dengan pengerjaan yang belum ada dananya, sehingga menyebkan pengerjaan fisik di tahun 2016 terbengkalai. 

Akibat tindakan Kades tersebut, membuat banyak bangunan fisik terbengkalai,diduga dana Rp 137 Juta itu digunakan si Kades untuk kepentingan pribadi.


“Kami khawatir ada permainan pihak PMD Labura tentang sisa anggaran ADD Desa Teluk Pulai Luar tahun 2015,”tutur Puddin Sitorus sembari memperlihatkan RAB Desa Teluk Pulai Luar itu.

Baca Juga :  Kapolres Labuhanbatu Beserta Jajaran Tanda Tangani Fakta Integritas WBK dan WBBM

Kades Teluk Pulau Luar,Muhammad Sofyan,SP yang coba dikonfirmasi tiraipesisir.com terkait mengenai dana desa di tahun 2015 dan 2016 dan sisa dana ADD Rl 137 Juta itu,ia mengalihkan penjelasannya kepada sekretarisnya. “Langsung saja tanya sama sekretaris desa saya bernama Ali,saya bingung itu,apalagi masalah ADD,”ucapnya sambil mengalihkan penjelasannya. 

Ali,sekretaris Desa Teluk Pulau Luar ketika dikonfirmasi melalui via selulernya menjelaskan,dana desa tersebut tidak raib,uangnya tidak di bayar pemerintah pusat,masuk silva, dan menunggu pencairanya.

Baca Juga :  Kendati Dalam Kesibukan,Andi Suhaimi Sempatkan Diri Jadi Inspektur Upacara Di SMK Pemda Labuhanbatu

Saat di singgung mengenai pembangunan fisik pengerjaan dari dana desa yang belum selesai,ia berdalih uangnya dialihkan ke pengerjaan lain,itu kebijakan Kades.

“Saya tidak mengetahuinya,tanya sama pak Kades langsung aja,saya tidak tau,”kata Ali mengakhiri penjelasanya.***
Editor : red/zai


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: