Indonesia

Rp 100 Juta Transfer Dana Desa 2019 Untuk BUMDes Desa Baran Melintang Dipertanyakan

Rp 100 Juta Transfer Dana Desa 2019 Untuk BUMDes Desa Baran Melintang Dipertanyakan
Ilustrasi BUMDes

 


MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Terkait struktur Modal awal BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) berasal dari penyertaan modal desa yang dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

“Modal awal untuk BUMDes tidak harus berasal atau dialokasi dari transfer Dana Desa. Modal awal untuk BUM Des tersebut dapat dialokasikan dari dana manapun yang sudah masuk di rekening kas desa sebagai Pendapatan Desa di dalam APBDes,” urai Zainuddin,HS,S.Ag,Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perkumpulan Barisan Relawan Jokowi Presiden (BaraJP) Kabupaten Kepulauan Meranti,Jumat (8/11/2019) kepada tiraipesisir.com di Selatpanjang.

Baca Juga :  Lagi-Lagi,Kadis Perhubungan Meranti Tidak Tau APMS 16.287.640 Bongkar BBM di Pelabuhan Tikus Dorak Selatpanjang


“Yang perlu kita pertanyakan adalah, dipergunakan kemana modal BUMDes Desa Baran Melintang, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, yang ditransfer dari Dana Desa APBN 2019 sebesar Rp 100 Juta itu. Hal ini perlu kita ketahui disebabkan uang sebesar Rp 100 Juta itu terindikasi belum masuk di Kas BUMDes Desa Baran Melintang,” ujar Zainuddin yang juga ketua DPC Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kabupaten Kepulauan Meranti yang akrab disapa Pak Zai itu.

Baca Juga :  Rumah Warga Selatpanjang Digasak Maling, Barang Berharga Bernilai Puluhan Juta Rupiah Lenyap

Diketahui terindikasi belum masuk transfer Dana Desa APBN 2019 sebesar Rp 100 Juta di Kas BUMDes Desa Baran Melintang, papar Pak Zai, ketika ia mencoba menanyakan langsung kepada bendahara BUMDes Desa Baran Melintang, Surida, Kamis sore (7/11/2019) melalui telepon selulernya.

“Kata Surida, saya belum bisa mengasitahu kepada Bapak apa sudah masuk apa belum sebab kalau saya katakan sudah masuk apa buktinya, dan kalau saya katakan belum masuk juga apa buktinya, jadi saya harus ketemu dulu Pak Kades baru saya kasitahu Bapak karena penggunaan dana BUMDes harus hati-hati,” katanya. (AS)
Editor : Dewan Redaksi

Baca Juga :  Tradisional Suku Tionghua Pesisir :Vihara Lamhaiking Gelar Ultah ke 2 Dewi Kuan Im

author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: