Seni dan Budaya

Ragam Seni dan Budaya Indonesia

Ragam Seni dan Budaya Indonesia

Sejarah Keaneka ragaman seni dan budaya Indonesia,Editorial : Redaksi-09 September 2017.

Indonesia kaya akan ragam seni budaya sudah semestinya Indonesia berbangga,maka sudah selayaknya bagi bangsa dan masyarakat negeri ini untuk melestarikan dan menjaga ragam seni budaya yang ada di Indonesia ini. Jadi tidak mustahil jika banyak hasil cipta rasa dan karya dalam berbagai adat dan ragam seni budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia ini selalu dilirik oleh bangsa lain. Kebudayaan nasional adalah kebudayaan yang diakui sebagai identitas nasional.


Dalam pembahasan ragam seni budaya mempunyai pengertian untuk Seni budaya berasal dari dua suku kata Seni – Budaya. Untuk kata Budaya berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah,yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal yang diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Tapi semua terangkum menjadi satu yaitu sebuah ragam seni budaya yang ber-BINEKA TUNGGAL IKA dengan menunjukkan adat ketimuran dan berasaskan Pancasila. Secara devinisi budaya dapat di artikan sebegai tata cara hidup manusia yang dilakukan secara kelompok atau masyarakat,dan di wariskan turun-temurun dari generasi ke generasi.

Baca Juga :  Konser Jakarta Bersorak Dimeriahkan 160 Orang

Sedangkan Seni adalah ide atau gagasan proses dari sebuah pemikiran manusia,dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini,seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dan sebuah cipta rasa manusia dalam kreatifitas. Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai,disebab masing-masing individu manusia mempunyai cita rasa yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Beberapa para ahli devinisi :


Mengartikan bahwa seni merupakan sebuah aktifitas dalam perbuatan yang timbul dan bersifat indah, menyenangkan dan dapat memberi kepuasan tersendiri dalam jiwa suatu manusia. Sebuah seni juga bisa kita gambarkan dari sebuah penjiwaan yang dalam,dan berbeda antara orang satu dengan yang lainnya.

Baca Juga :  Puncak Pawai Imlek 2018 Meriah di Selatpanjang

Kebudayaan di Indonesia :

Keanekaragaman budaya Indonesia dariSabang sampai Merauke merupakan aset yang tidak ternilai harganya,sehingga harus tetap dipertahankan dan terus dilestarikan. Tetapi, sayangnya,sebagai anak bangsa masih banyak yang tidak mengetahui ragam budaya daerah lain di Indonesia,salah satunya budaya tato di Mentawai, Sumatra Barat,tindik sebagai tanda kedewasaan dan masih banyak kebudayaan lain yang belum ter ekdplorasi. Bagi penyuka traveling ke berbagai daerah di Indonesia, khususnya yang rasa ingintahunya cukup tinggi terhadap beragam budaya,tidak ada salahnya mampir ke Mentawai untuk melihat dari dekat budaya tato yang sudah menjadi kebudayaan masyarakat setempat, selain menikmati sajian pesona alam dan lautnya.

Tato kebudayaan indonesia :

Pemahaman masyarakat majemuk, selain kebudayaan kelompok suku bangsa,masyarakat Indonesiajuga terdiri dari berbagai kebudayaan daerah bersifat kewilayahan yang merupakan pertemuan dari berbagai kebudayaan kelompok sukubangsa yang ada didaerah tersebut. Dengan jumlah penduduk 200 juta orang dimana mereka tinggal tersebar dipulau- pulau di Indonesia. Mereka juga mendiami dalam wilayah dengan kondisi geografis yang bervariasi. Mulai dari pegunungan, tepian hutan, pesisir, dataran rendah, pedesaan, hingga perkotaan. Hal ini juga berkaitan dengan tingkat peradaban kelompok-kelompok sukubangsa dan masyarakat di Indonesia yang berbeda.

Baca Juga :  Konser Sarioneng Parakansalak dan Orkes Simponi Digelar di Aula Simfonia Jakarta

Contoh dari kebudayaan rakyat pesisir adalah pesta laut yang dipersembahkan untuk para leluhur. Foto : Editor (2)

Masyarakat pesisir indonesia :

Dari berbagai kebudayaan yang ada sebagai generasi muda Indonesia patutnya kita bangga dan berusaha menghalau budaya-budaya luar yang mampu menggerus kearifan budaya lokal Indonesia dengan semangat juang dan nilai dasar Pancasila.***
By Editor : Zainuddin
Sumber : blogspot.com


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: