Labuhan Batu

Plt.Bupati Labuhanbatu Berharap PKK Bermanfaat Untuk Masyarakat

Plt.Bupati Labuhanbatu  Berharap PKK Bermanfaat Untuk Masyarakat

LABUHANBATU,TIRAIPESISIR.COM-Plt. Bupati Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST.MT pada rapat koordinasi daerah Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019, yang dipimpin langsung oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Labuhanbatu, Ny.Hj.Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe yang dihadiri 9 (Sembilan) Camat yang ada di Kabupaten Labuhanbatu yang dilaksanakan di Aula TP PKK Kabupaten Labuhanbatu, Kamis (27/6/2019).

Plt.Bupati Labuhanbatu, memaparkan bahwa hakekat pembangunan nasional adalah pembangunan manusia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya, yang akan terwujud apabila kesejahteraan keluarga dan masyarakat dapat dicapai dengan baik dan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat antara lain dapat dilakukan dengan pemberdayaan masyarakat melalui gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.


Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, selanjutnya disingkat Gerakan PKK adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah dimana pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat, menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan, jelas Plt. Bupati Labuhanbatu.

Plt. Bupati juga melanjutkan bahwa Keluarga sebagai sasaran program dan kegiatan TP-PKK disemua tingkatan adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suamidan istri, suami istri dan anaknya atau ayah dan anaknya atau ibu dan anaknya.Kemudian, Keluarga Sejahtera itu adalah keluarga yang dibentuk berdasarkan atas perkawinan yang syah, mampu memenuhi kebutuhan hidup mental, spiritual dan fisik material yang layak, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antar anggota dan antara keluarga dengan masyarakat dan lingkungan.

Baca Juga :  Dandim 0209/LB :¬†Pelatihan Sebagai Dasar Mempersiapkan Diri Menghadapi Bencana

Kemudian, Kesejahteraan Keluarga itu adalah kondisi tentang terpenuhinya kebutuhan dasar manusia dari setiap anggota keluarga secara material, sosial, mental dan spiritual sehingga dapat hidup layak sebagai manusia yang bermanfaat.Pemahaman yang mendasar tentang Keluarga, Keluarga Sejahtera dan Kesejahteraan Keluarga itulah sebagai acuan dalam menyusun 10 (Sepuluh) program pokok PKK sebagai upaya dalam pemenuhan kebutuhan dasar untuk terwujudnya pemberdayaan dankesejahteraan keluarga.


Tim Penggerak PKK atau disingkat dengan TP- PKK adalah fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing tingkatan adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan/lembaga kemasyarakatan guna mencapai terwujudnya program PKK.

Baca Juga :  Ini Komentar Mahasiswa Labusel Terkait OTT Dinas Kesehatan Kab. Labusel

Dalam upaya percepatan dan pemerataan capaian hasil kinerja di wilayah Kabupaten Labuhanbatu, TP-PKK Kabupaten melalui TP-Kecamatan dan TP-PKK Desa/Kelurahan dapat segera membentuk dan membina serta menggerakkan secara berkesinambungan Kelompok Dasa Wisma yang bersentuhan langsung dengan rumah tangga. Dasa Wisma itu dapat dibentuk terdiri dari 10 s/d 20 rumah tangga atau sesuai dengan situasi dan kondisi daerah setempat, dengan susunan keanggotaan seorang Ketua dan Sekretaris yang dipilih sebagai kelompok potensial terdepan dalam pelaksanaan program PKK di Tingkat Lingkungan, Rukun Warga/Rukun Tetangga.
Ketua TP-PKK Kabupaten Labuhanbatu, jelas H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST.MT.

Ketua TP PKK Kabupaten Labuhanbatu Ny.Hj.Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe, menjelaskan bahwa tujuan dan sasaran pemberdayaan masyarakat melalui Gerakan PKK adalah merupakan upaya
memandirikan masyarakat dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan
lingkungan.

Sasaran Pemberdayaan Masyarakat melalui Gerakan PKK adalah Keluarga di perdesaan dan perkotaan yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan kemampuan mental spiritual dan fisik material, melalui Gerakan PKK dengan 10 (sepuluh) Program Pokok Gerakan PKK, yaitu :
1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila; 2. Gotong Royong;3. Pangan;
4. Sandang; 5. Perumahan & tata laksana rumah tangga; 6. Pendidikan dan keterampilan; 7. Kesehatan;
8. Pengembangan kehidupan berkoperasi; 9. Kelestarian lingkungan hidup; dan 10. Perencanaan sehat.

Baca Juga :  Bupati Labuhanbatu Sampaikan Nota Pengantar LKPJ TA 2017

Pokok Program ke 6 dan 8, dari 10 Program Pokok PKK, Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu, melalui Pembina PKK Kabupaten Labuhanbatu akan segera melakukan koordinasi dan bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Para Camat terkait untuk memberdayakan Kantor Dekranas (Dewan Kerajinan Nasional) Kabupaten Labuhanbatu, Jalan Rantau Lama No.1 Rantauprapat dan Kios Kerajinan Rakyat yang berada di Desa Janji Kecamatan Bilah Barat sehingga dapat menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha kerajinan rumah tangga (Home Industri) serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, seperti kelompok usaha kecil dan menengah (UKM) yang juga merupakan upaya nyata dalam mencapai Keluarga Sejahtera dan Kesejahteraan Keluarga, jelas Ny. H. Rosmanidar Andi Suhaimi.(Hendro/B06/09).

Editor : Edi Saputra


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: