Kepulauan Meranti

Pilkada Kepulauan Meranti, Pemkab Siapkan Quick Count Sementara

Pilkada Kepulauan Meranti, Pemkab Siapkan Quick Count Sementara
Pilkada Kepulauan Meranti, Pemkab Siapkan Quick Count Sementara

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah (Kesbangpol) akan memantau penyelenggaraan Pilkada pada 9 Desember 2020.

Tidak hanya monitoring, Kesbangpol juga akan melakukan quick count (penghitungan cepat) sementara hasil pemungutan suara Pilkada tersebut.


Kepala Bidang Kesatuan Bangsa, Badan Kesbangpol Kepulauan Meranti, Wan Zulkifli mengatakan monitoring dilakukan guna memastikan kelancaran pelaksanaan Pilkada yang akan berlangsung serentak tersebut. Hal ini demi suksesnya pesta demokrasi lima tahunan itu.

Mengenai quick count, Wan juga menjelaskan bahwa pihaknya akan merekap hasil pemungutan suara perkecamatan untuk disatukan menjadi hasil pemungutan suara kabupaten. Kemudian, ini akan dilaporkan ke kepala daerah dan Badan Kesbangpol Provinsi Riau.

Baca Juga :  Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Surat Suara di Tengah Pandemi

Wan Zulkifli juga mengatakan dalam proses penghitungan suara nanti, pihaknya akan menugaskan petugas di tiap kecamatan.


“Kita ada aparatur di tingkat bawah yang sudah dibentuk untuk melaporkan secara real dan update tapi sifatnya sementara dimana kita hanya mengandalkan 18 petugas yang kita sebar di 9 kecamatan, setiap kecamatan itu ada 2 orang. Untuk mendapatkan data itu kita bekerjasama dengan Panwascam dan PPK, karena kita tidak terpantau juga,” kata Wan Zulkifli, Selasa (8/12/2020).

Baca Juga :  Patroli Karhutla Ditingkatkan, Polsek Merbau Gunakan Pengeras Suara

Ditambahkan terkait akurasi data penghitungan cepat tersebut, Wan mengatakan pihaknya hanya berpatokan kepada laporan yang disampaikan tim setiap kecamatan. Berkaca pada tahun lalu hasilnya tidak jauh berbeda dengan yang ditetapkan resmi melalui pleno KPU.

“Kami sifatnya hanya sementara, setelah pemungutan suara selesai, sorenya sudah bisa kita rangkum data keseluruhannya. Jika seperti pemilihan legislatif tahun lalu akurasi kita hanya beda tipis dengan yang ditetapkan melalui pleno,” pungkasnya.(A03/AH.01)

Editor     : Agus Salim Hs
Sumber : TPC
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: