Bintan

Pertanian Sebagai Alternatif, Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan

Pertanian Sebagai Alternatif, Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan
Pertanian Sebagai Alternatif, Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan

BINTAN,TIRAIPESISIR.COM-Menindaklanjuti arahan Bapak Presiden Indonesia terkait dengan Prioritas dana Desa. Masyarakat Kabupaten Bintan desa Penaga kecamatan Teluk Bintan. melaksanakan program padat tunai karya desa, untuk merelalasikan program yang termasuk dalam APBDes Perubahan Tahun 2020. Kamis (26/11/2020).

Dengan adanya dana desa bisa menjadi prioritas memperkuat sendi-sendi Ekonomi. melalui padat karya tunai desa (PTKD) dan penguatan kesehatan bagi masyarakat melalui penanganan Covid-19. Melalui surat edaran menteri desa PDTT, tentang desa tanggap Covid-19 dan penegasan padat karya tunai desa, di sertai surat edaran Bupati Bintan nomor 410/DPMD/193 tentang penegasan padat karya tunai desa (PKTD)


Menurut kepala desa Penaga Hamarudin mengatakan pertanian sebagai alternatif dalam meningkatkan ketahanan pangan khususnya masyarakat desa Penaga. namun dengan adanya curah hujan yang tinggi berdampak pada lahan perkebunan yang terendam air karena saluran irigasi dan seluruh pembuangan air tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga :  Bersama Muspika Bintan Utara, Jajaran Koramil 03/0315 Bintan Ikut Laksanakan Goro Bersama

“Sehingga air yang tergenang di sekitar permukiman masyarakat berpotensi menjadi sumber penyakit masyarakat jika tidak segera ditindaklanjuti. Dengan demikian pemerintah desa bersama masyarakat sepakat untuk normalisasi parit melalui PKTD, yang dibagi kepada tiga dusun di desa Penaga. Sehingga program ini nantinya dapat membakitkan kembali pertanian masyarakat dalam rangka penguatan ekonomi ketahanan pangan masyarakat,” ucapnya

Peraturan kepala desa tentang penjabaran APB Desa tahun 2020, sebagai mana tertuang pada peraturan desa nomor 8 Tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas APBDes nomor 6 tahun 2020 tentang Anggaran pendapatan belanja Desa Tahun 2020.


Editor     : Agus Salim Hs
Sumber : Herman
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: