Advertorial

Penyembelihan Hewan Kurban Idul Adha 1443 H di Meranti Berjalan Lancar

Penyembelihan Hewan Kurban Idul Adha 1443 H di Meranti Berjalan Lancar
Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bersama instansi terkait lakukan penyemprotan disinfektan hewan kurban di sentral ternak sapi beberapa waktu lalu.

MERANTI (TPC) – Proses penyembelihan hewan kurban di Kabupaten Kepulauan Meranti berjalan lancar. Meskipun jumlah hewan kurban pada hari Raya Idul Adha 1443 Hijiriah/2022 Masehi ini mengalami penurunan sebanyak 110 ekor dibandingkan tahun sebelumnya.

Dimana pada hari Raya Idul Adha tahun 1442 lalu, total hewan kurban berjumlah 1.038 ekor. Jumlah itu terdiri 590 ekor sapi, 438 ekor kambing dan 10 ekor kerbau.


Sementara itu, ditahun ini mengalami penurunan dengan total keseluruhan yakni 928 ekor hewan kurban yang terdiri dari 593 ekor sapi, 328 ekor kambing dan 7 ekor kerbau. Artinya, jumlah keseluruhan mengalami penurunan lebih kurang 10 persen.

Baca Juga :  Cegah Covid-19, Babinsa Laksanakan Patroli Malam dan Memberikan Himbauan

“Jumlah sebanyak itu terhitung per Sabtu 9 Juli 2022 hingga hari ini,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kepulauan Meranti, Ifwandi SP, Senin (11/7/22) siang.

Diungkapkan Ifwandi, dari 9 Kecamatan jumlah hewan kurban yang mendominasi di Tebingtinggi yakni 254 ekor sapi dan 122 ekor kambing. Rincinya, Rangsang 78 ekor sapi dan 17 ekor kambing, Tebingtinggi Barat 51 ekor sapi dan 21 ekor kambing, Tebingtinggi Timur 20 ekor sapi dan 19 ekor kambing, Rangsang Barat 46 ekor sapi dan 23 ekor kambing, Rangsang Pesisir 33 ekor sapi dan 6 ekor kambing, Merbau 39 ekor sapi, 27 ekor kambing dan 6 ekor kerbau, Pulau Merbau 31 ekor sapi, 39 ekor kambing dan 1 ekor sapi, terakhir Kecamatan Tasikputri Puyu 41 ekor sapi dan 54 ekor kambing.


Meskipun demikian, ia tetap mengapresiasi tingkat kesadaran masyarakat untuk berkurban. Menurutnya, ditengah wabah penyakit mulut dan kuku pihaknya berhasil menjamin kesehatan hewan ternak dengan melakukan peninjauan rutin ke beberapa sentral sebelum pelaksanaan kurban.

Baca Juga :  Bupati HM Adil Kukuhkan Paskibraka Meranti Tahun 2022

“Dari jumlah hewan kurban tersebut ada 2 ekor sapi hasil IB (inseminasi buatan). Alhamdulillah, semua hewan kurban terbebas dari penyakit mulut dan kuku,” ucapnya.

Ifwandi berharap, pada ditahun mendatang animo dan antusias masyarakat semakin meningkat. Diakuinya, proses penyembelihan disetiap masjid dan mushola juga berjalan lancar dan mematuhi protokol kesehatan.

“Ini juga tidak terlepas dari koordinasi dan kolaborasi dengan instansi terkait dan semoga amal ibadah pihak-pihak yang berkurban mendapatkan balasan pahala yang besar oleh Allah SWT,” pungkasnya. (Adv)

Baca Juga :  Kapolres Sambut Baik Pembentukan IKA UNRI Meranti
Editor     : Dhamean Hasibuan
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: