Hukrim

Penghuni Lapas Sembunyikan 50 Gram Heroin Usai Jalanin Sidang Di PN Tangerang

Penghuni Lapas Sembunyikan 50 Gram Heroin Usai Jalanin Sidang Di PN Tangerang
Foto : Ilustrasi

TANGERANG,TIRAIPESISIR.COM-Ulah Imam alias Kopral (26) sungguh nekat. Penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1A Tangerang ini kedapatan menyimpan 50 gram heroin dalam charger handphone. Ia saat itu baru selesai menjalani sidang perkara narkotika di Pengadilan Negeri Tangerang.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KKPLP) Klas 1A Tangerang,Handanu,mengatakan pengungkapan tersebut dilakukan saat petugasnya tengah melakukan penggeledahan terhadap seluruh tahanan yang baru saja menjalani sidang.


“Prosedur standar yang ditetapkan,setiap yang masuk Lapas dilakukan penggeledahan,termasuk mereka yang baru menjalani sidang di luar Lapas,”katanya di Lapas Klas 1A Tangerang,Kamis (21/3/2019).

Baca Juga :  Curi Lembu di Labura Ketangkap di Batubara

Kopral merupakan tahanan kasus kepemilikan narkotika jenis sabu. Majelis hakim yang menyidangkan kasus tersebut memutusnya bersalah dan menjatuhi hukuman penjara selama 5 tahun. Pria 26 tahun ini pun menghuni Lapas Klas 1A Tangerang sejak 2016.

Namun rupanya dalam menghabisi masa tahanan sebagai warga binaan,Kopral malah kembali berulah dengan melakukan bisnis haram di luar hingga akhirnya menjalani persidangan untuk yang kedua kalinya.


“Pelaku dipindahkan dari Rutan Jambe Ke Lapas Klas 1A Tangerang sudah dari 26 November 2016 dengan kasus narkoba dan disangkakan Pasal 114 sebagai pengedar. Kemudian ada seorang yang ditangkap diluar dan melibatkan namanya makanya dia kembali menjalani sidang,”ujar Handanu.

Baca Juga :  APEL GELAR PASUKAN DALAM RANGKA PENGAMANAN PEMILU 2019

Seperti tak ada jeranya. Kopral kembali memilih berurusan dengan hukum. Dia kedapatan membawa heroin yang disembunyikan dalam charger handphone usai menjalani persidangan. Temuan narkotika tersebut selanjutnya diserahkan ke Satnarkoba Polres Metro Tangerang untuk ditindaklanjuti.

“Pelaku pulang sidang tuntutan,saat kami periksa barang bawaannya ditemukan dalam kemasan kardus warna biru di dalamnya ada chargeran dan ternyata ada berupa serbuk kristal yang kami duga narkoba,”jelasnya.

“Jadi untuk sementara pengakuannya barang tersebut adalah pembersih WC karena dia juga membawa tisu dan pembersih lantai,”tambah Handanu.

Baca Juga :  Polisi Lidik Kasus Kekerasan Yang Menimpa Komandan Kapal BC Bengkalis

Handanu menambahkan,pihaknya akan terus waspada untuk meminimalisir peredaran narkotika yang ada di Lapas. “Jadi ini adalah bukti komitmen kita dalam bersih dari Halinar (HP,pungli,narkoba). Yang bersangkutan saat ini masih dalam pemeriksaan kepolisian. Sementara barang itu sedang dilakukan uji lab,”pungkasnya. (Horlas/B08/09)


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: