Kepulauan Meranti

Pemkab Meranti Mulai Cicil Tunggakan Randis

Pemkab Meranti Mulai Cicil Tunggakan Randis
Giat cek fisik kendaraan dinas oleh petugas Samsat Selatpanjang, Rabu (25/11/2020) pagi.

MERANTI, TIRAIPESISIR.COM – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti mulai membayar tunggakan pajak kendaraan dinas (randis) mereka.

Tunggakan yang menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Riau pada 2019 lalu itu sudah mulai dibayar meski secara berangsur.


Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelola Pendapatan Selatpanjang, Sudirman SH menyebutkan, sedikitnya ada 33 unit kendaraan dinas roda empat yang proses pembayarannya hampir rampung.

“Proses pembayaran dimulai dari Selasa (24/11/2020) kemarin. sudah terealisasi ada 7 unit. Semuanya berasal dari Sekretariat Kantor Bupati Kepulauan Meranti,” ungkap Sudirman saat berbincang, Rabu (25/11) siang.

Baca Juga :  BPS Kepulauan Meranti Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Ia menjelaskan sebelum proses pembayaran pajak, kendaraan dilakukan pemeriksaan fisik yang dimulai dari nomor rangka, nomor mesin maupun bagian badan kendaraan.


“Jadi tetap melewati cek fisik. Setelah itu baru proses pembayaran,” bebernya.

Proses cek fisik tetap dilakukan untuk setiap perpanjangan 5 tahun, selain itu proses pengentry administrasi terus berjalan.

“Sampai saat ini sudah 32 unit di proses, satu unit tak bisa diproses (hernopol) karena perpindahan BM dari Bengkalis ke Selatpanjang,” katanya.

Baca Juga :  Lahan Dikawasan Perumahan PT CMI Tiba Tiba Terbakar,Untungnya Api Sudah Bisa Dipadamkan

Selain itu, masing-masing OPD dilingkungan Pemkab Kepulauan Meranti juga telah membayar pajak kendaraan roda dua dan empat.

“Ada juga yang sudah bayar, seperti BKD dan kecamatan. Ada juga beberapa OPD yang telah melakuakan pembayaran sendiri-sendiri,” sebutnya.

Baru-baru ini kata Sudirman, pihak Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kepulauan Meranti juga telah meminta daftar rincian kendaraan dinas yang sejauh ini masih terkategori nunggak pajak.

“Datanya sudah kita berikan. Semoga dengan itu, pajak randis disetiap OPD bisa dibayarkan,” harapnya.

Baca Juga :  Bersatu Melawan Covid-19, Koramil 02 Tebing Tinggi Kompak Lakukan Pencegahan

Berdasarkan data dari UPT Pengelola Pendapatan Selatpanjang pertanggal 25 November 2020 pukul 10.00 Wib, jumlah kendaraan dinas yang belum membayar pajak diantaranya.

Kendaraan dinas roda empat, Jeef 10 unit, Minibus 86 unit, Pickap 18 unit, Sedan 4 unit. Kemudian, roda dua 607 unit, roda tiga 47 unit dan tracker 7 unit. (A04/19)

Editor     : Dhamean Hasibuan
Sumber : TPC
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: