Kesehatan

Pelindo 1 Antisipasi Masuknya VIrus Corona dari China

Pelindo 1 Antisipasi Masuknya VIrus Corona dari China
PERKETAT : Petugas Pelindo 1 mengecek kesehatan salah satu penumpang asal luar negeri. Langkah ini sebagai antisipasi masuk dan menyebarnya virus Corona asal China.

MEDAN, TIRAIPESISIR.COM — Pihak PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 mengantisipasi masuknya Virus Corona (Novel Coronavirus – 2019 – nCov) asal Wuhan, China dengan memperketat kewaspadaan di sejumlah terminal pelabuhan penumpang luar negeri yang berada dalam daerah operasionalnya.

Adapun daerah kerja Pelindo 1 ini meliputi pelabuhan internasional yang berada di Tanjungpinang dan Tanjung Balai Karimun di Provinsi Kepulauan Riau, Dumai di Provinsi Riau, dan Tanjung Balai Asahan di Sumatera Utara (Sumut). Pelabuhan pelabuhan ini biasanya membawa penumpang dari Singapura dan Malaysia (Johor, Selat Panjang, dan Port Klang).


Sementara pelabuhan yang melayani cargo impor yaitu Pelabuhan Belawan, Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan, Perawang, Sei Kolak Kijang, Dumai, dan Lhokseumawe dengan negara asal cargo (impor) pada umumnya berasal dari negara Singapura, Malaysia, Vietnam, Myanmar, India, dan China.

Baca Juga :  Antisipasi Penularan Covid-19, Babinsa Laksanakan Pengawasan di Pelabuhan Tanjung Harapan

VP Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami dalam siaran pers yang diterima TIRAIPESISIR.COM menyebukan seluruh cabang pelabuhan di lingkungan Pelindo 1 telah berkoordinasi secara intensif dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan/Dinas Kesehatan setempat, untuk melakukan pemeriksaan bersama kepada penumpang embarkasi dan debarkasi di masing-masing cabang pelabuhan.

”Kami juga melakukan pengawasan crew/awak kapal asing yang sandar di cabang pelabuhan dan memperketat pengawasan dan kontrol terhadap seluruh kegiatan operasional khususnya di Pelabuhan Internasional,” ungkapnya.


Menurut Fiona, pemantauan dan pemeriksaan penumpang dimulai dari dermaga hingga ke pintu masuk dan keluar. Pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Bea Cukai, Karantina, Imigrasi, dan Kementerian Perhubungan melalui Otoritas Pelabuhan dan Kantor Syahbandar serta instansi terkait lainnya.

Baca Juga :  Anggota Satgas TMMD Kodim 0321/Rohil Ajangsana Kerumah Warga

”Kami juga akan terus bersiaga dan berkoordinasi secara intensif dengan Pelindo 1 di seluruh terminal penumpang dan pelabuhan internasional,” katanya lagi. (denny)


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: