Kepulauan Meranti

Peduli Terhadap Anak, RSUD Meranti Hadirkan Bernuansa Kartun dan Karakter Hewan di Ruangan

Peduli Terhadap Anak, RSUD Meranti Hadirkan Bernuansa Kartun dan Karakter Hewan di Ruangan
Peduli Terhadap Anak, RSUD Meranti Hadirkan Bernuansa Kartun dan Karakter Hewan di Ruangan

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kepulauan Meranti terus berbenah meningkatkan pelayanannya bagi masyarakat, salah satunya dengan program ramah anak yaitu RSUD yang peduli terhadap anak.

Sebagian besar anak-anak, kunjungan ke rumah sakit masih menjadi pengalaman yang menakutkan. Meskipun hanya sekedar melakukan pemeriksaan, maupun saat harus melewati proses pengobatan ataupun perawatan.


Namun dengan konsep baru yang dihadirkan, anak-anak kini dapat menikmati kunjungan mereka dengan nyaman dan menyenangkan.

Untuk pertama kalinya RSUD Kepulauan Meranti menghadirkan rumah sakit bernuansa kartun dan karakter hewan di ruang Poli Anak.

Tersedia berbagai fasilitas yang dilengkapi sentuhan interior yang terinspirasi suasana taman bermain.


Plt Direktur RSUD Kepulauan Meranti, Fajar Triasmoko ST MT mengatakan sejak menjabat, dirinya mulai menerapkan program ini, diantaranya dengan ketersediaan ruang bermain anak yang berjarak aman dari ruang tunggu pasien.

Baca Juga :  Bawaslu Kepulauan Meranti Ultimatum Paslon, Terbukti Politik Uang Bisa Didiskualifikasi

“Ruang Poli Anak dilengkapi dengan aneka mainan anak, dindingnya didesain dengan lukisan aneka warna dan untuk kenyamanan pasien anak, kami tambah dengan lukisan tokoh kartun lucu aneka karakter pada dinding. Saya tidak ingin RSUD Kepulauan Meranti kalah dengan rumah sakit di kota lain,” katanya, Kamis (11/3/2021).

Dikatakan Fajar lukisan dengan tokoh kartunnya yang lucu namun tetap terkesan mewah, menciptakan pengalaman unik saat datang ke RSUD. Tujuannya untuk meningkatkan kenyamanan dan meminimalkan rasa takut pada anak-anak.

Baca Juga :  Bersatu Melawan Covid-19, Babinsa Terus Lakukan Sosialisasi Disiplin dan Protokol Kesehatan

“Dengan adanya desain aneka kartun ini kami berharap anak-anak dapat bergembira bermain-main melihat gambar lucu sehingga mereka lupa tengah berada di rumah sakit,” ungkap Fajar.

Ditambahkan Fajar, program yang disusun ini sesuai dengan instruksi Bupati yang ingin menerapkan program ‘Ketuk Pintu dan Layani dengan Hati’. Selain itu pula ingin menjadikan RSUD Kepulauan Meranti sebagai rumah sakit rujukan yang merupakan salah satu dari 7 program strategis bupati terpilih tersebut.

Walaupun hanya tiga bulan menjabat, Magister Teknik ini terus menggesa infrastruktur, fasilitas dan pelayanan yang telah dicanangkannya di RSUD tersebut.

Yang tidak kalah pentingnya, RSUD juga
melayani konsultasi kesehatan dan pertumbuhan anak yang ditangani oleh dokter spesialis anak yang berpengalaman, professional dan ramah terhadap anak.

Baca Juga :  Kunjungani Kantor PWRI-B Meranti, Lurah Selatpanjang Timur Berikan Apresiasi

Dikatakan Fajar pihaknya juga sudah mengupayakan dokter spesialis anak
dr. Ayu Fitriana Putri, Sp.A.,M.Biomed lulusan Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur yang baru satu bulan bertugas masuk kedalam program Pendayagunaan Dokter Spesialis (PDGS) dari Kementerian Kesehatan.

“Alhamdulillah kita sudah upayakan dokter spesialis anak tersebut untuk masuk dalam program PDGS melalui koordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Riau. Hal itu agar dokter itu mau berlama-lama dan betah bertugas disini, selain itu kita juga sedang berupaya mendatangkan satu dokter anak lagi,” pungkasnya.(A03/AH.01)

Editor     : Agus Salim Hs
Sumber : TPC
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: