Kepulauan Meranti

Ormas Gagak Hitam Silahturahmi Bersama Bupati-Wakil Bupati, Siap Jalankan Program Prioritas Dibidang Sosial Budaya

Ormas Gagak Hitam Silahturahmi Bersama Bupati-Wakil Bupati, Siap Jalankan Program Prioritas Dibidang Sosial Budaya
Ormas Gagak Hitam Silahturahmi Bersama Bupati-Wakil Bupati, Siap Jalankan Program Prioritas Dibidang Sosial Budaya

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Ketua Ormas Gagak Hitam Noya Kartini bersama anggota bersilahturahmi dengan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH-AKBP. (Purn) H. Asmar, kegiatan dalam rangka menjalin sinergitas menuju Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat itu, digelar di Ruang Rapat Melati, Kantor Bupati, Kamis (11/3/2021).

Dalam kesempatan itu, Bupati H.M Adil, mengaku, sudah lama menanti ingin bertemu dengan Ormas Gagak Hitam untuk menjalin sinergitas untuk bersama-sama mewujudkan Visi dan Misi menuju Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat. Melalui 7 Program Strategis khususnya yang bersifat sosial dan pemberdayaan masyarakat “Ketuk Pintu Melayani Dengan Hati” seperti yang selama ini dilakukan oleh ormas penjaga marwah melayu tersebut.


Dikatakan Bupati H.M Adil, dirinya sangat mengapresiasi berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan yang dijalankan oleh Ormas Gagak Hitam. 

“Kita sangat mengapresiasi kegiatan kegiatan sosial yang dilakukan oleh Ormas Gagak Hitam, untuk itu kedepan kita berharap Gagak Hitam dapat bersinergi dengan cara terlibat langsung dalam menjalankan 7 program Strategis, tidak hanya jadi penonton,” jelas Bupati Adil.

Selanjutnya Mantan Legislator DPRD Riau 2 Periode itu, memaparkan beberapa program yang akan dijalankannya, diantaranya akan menuntaskan pembangunan jalan penghubung dan lingkar Kecamatan hingga Kabupaten sepanjang 929 KM dengan total anggaran yang dibutuhkan 2.3 T. 


“Kita ingin semua jalan di Meranti ini di Hotmix dan terhubung sampai ke Daratan Sumatera sehingga jika ingin keluar bisa kapan saja, tidak harus jam 8 pagi atau pukul 1 siang (sesuai jadwal speed.red),” ujarnya.

Baca Juga :  Mantap, TNI-AL Selatpanjang Gagalkan Rokok Dan Miras Illegal Asal Batam Kepri

Kemudian akan mencetak 50 orang Sarjana S1, 5 Master (S2), Doktor (S3) dan 2 Dokter ditiap desa.

“Untuk ini kita sudah siapkan anggaran 12.5 Miliar/Tahun, nantinya anak anak Meranti yang cerdas akan kita sekolahkan sesuai dengan kebutuhan daerah, sehingga untuk mengisi kebutuhan kerja di Pemerintah tidak perlu lagi dari luar cukup diisi oleh anak-anak Meranti,” jelas Bupati.

Meningkatkan pelayanan kesehatan dengan membangun Gedung Baru RSUD Meranti dengan kapasitas 100 Kamar. Dan menaikan Type RSUD Meranti dari Type C ke Type B. Termasuk juga dengan melakukan penambahan 10 tenaga Dokter Spesialis, dan penerapan pelayanan “Ketuk Pintu Layani Dengan Hati”.

“Sehingga masyarakat Meranti tidak perlu lagi berobat keluar daerah karena disini sudah tersedia, dan jangan sampai ada maayarakat Meranti yang tidak bisa berobat karena tidak punya uang, nanti petugas kita dengan konsep “Ketuk Pintu Layani Dengan Hati” akan mendatangi rumah masyarakat untuk mendengarkan segala bentuk keluhan warga,” jelas Bupati lagi.

Tak lupa meningkatkan kesejahteraan seluruh Guru Ngaji, Imam Masjid, Guru Agama akan mendapatkan honor. Dan Guru Komite akan diangkat menjadi honor daerah dengan gaji 2 Jt/Bulan.

Yang tak kalah penting mencetak ribuan usahawan melalui pemberian Ternak Sapi, Kambing dan Ayam petelur untuk dikembangkan. Kemudian memberikan pelatihan di BLK agar anak-anak muda Meranti bisa mandiri dan mampu membuka peluang usaha dalam rangka menekan angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Baca Juga :  Sebanyak 382 Kendaraan Ditilang

“Kita berharap melalui program ternak Sapi ini dalam 5-7 Tahun kedepan Meranti dapat swasembada daging,” harapnya.

Terakhir akan menampung produksi Beras Ladang dan Sagu Petani Meranti untuk diserahkan kepada Para Pegawai ASN sebagai bantuan Sembako, Para Penerima PKH, serta UMKM.

“Kita membutuhkan 48 Ton Beras dan Sagu yang akan dikonsumsi oleh 41 Ribu KK, dengan begitu harga Beras dan Sagu Petani Meranti akan naik para petani semakin sejahtera,” jelas Bupati Adil. 

Serta Pembuatan KTP dan KK satu hari selesai dengan pemanfaatan teknologi IT dan mengupayakan semua masyarakat miskin mendapatkan bantuan PKH, BLT dan lainnya.

Setelah mendengar penjelasan dari Bupati H.M Adil, Panglima Yusri Yano, mengaku bangga telah diterima oleh Bupati dan Wakil Bupati untuk bersilahturahmi. 

Iapun menyampaikan apresiasi kepada Bupati Meranti yang telah berinisiatif berkunjung ke Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau untuk menyampaikan komitmennya untuk melestarikan Budaya Melayu dengan mengintruksikan pegawai dilingkungan Pemkab. Meranti untuk mengenakan Busana Melayu lengkap, memakai Tanjak dan berbahasa Melayu setiap hari jumat.

“Ini merupakan awal yang baik untuk itu kami sangat mengapresiasi kebijakan itu, itulah sebabnya kami dari awal sudah mendukung program-program yang akan dilaksanakan Bupati dan Wakil Bupati H.M Adil-H. Asmar,” ujarnya.

Baca Juga :  HUT Bhayangkara ke-74, Polres dan Polsek Gelar Pembagian Sembako Serentak

Gagak Hitam selaku Ormas Penjaga Marwah Melayu, seperti disampaikan Safta Oktarial juga menyatakan dukunganya untuk mensukseskan program prioritas H. Adil-H.Asmar khususnya dalam pelestarian budaya Melayu, dengan mengusulkan salah satu kegiatan yang dijalankan oleh Gagak Hitam untuk dijadikan Iven Tahunan Meranti salah satunya Pawai Busana Melayu. 

Usulan lainnya juga disampaikan anggota Gagak Hitam Kurnia Dila yang berharap dukungan peralatan dan alat musik untuk megembangian bakat anak anak Meranti dibidang seni tari dan musik.

“Dengan adanya kegiatan positif ini kita berharap anak anak Meranti dapat terhindar dari Narkoba dan hal negatif lainnya,” ujar Dila.

Menyikapi berbagai usulan itu Bupati Meranti, H.M Adil mengaku siap merealisasikan selama tidak bertentangan dengan aturan dan tersedianya dana. Seperti dana Hibah untuk pengadaan Markas Gagak Hitam dan melaksanakan kegiatan lainnya.

Khusus untuk penggunaan Baju Melayu Lengkap, Memakai Tanjak dan Berbahasa Melayu agar dilaksanakan oleh semua Pegawai Pemkab. Meranti dan Instansi Vertikal serta Swasta di Meranti. Bupati Adil akan mengeluarkan Peraturan Bupati yang kini sedang berproses di Bahian Hukum Sekdakab. Meranti.

Sekedar informasi, sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan kepada Bupati dan Wakil Bupati Meranti H.M Adil-H. Asmar, Panglima Yusri Yano langsung memasangkan Tanjak kepada pasangan pemimpin Meranti tersebut.(A03/AH.01)

Editor     : Agus Salim Hs
Sumber : TPC
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: