Aceh Besar

MPR RI Sosialisasi 4 Pilar Di SMK-PP Negeri Saree

MPR RI Sosialisasi 4 Pilar Di SMK-PP Negeri Saree

ACEH BESAR,TIRAIPESISIR.COM-Sebanyak 200 guru, siswa, alumni, dan warga kampus SMK-PP Negeri Saree mengikuti kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Aula Sekolah pada 21 Oktober 2020.

Para peserta hadir secara langsung ke sekolah mengikuti materi sosialisasi ini secara daring via zoom meeting yang disampaikan oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo dari gedung MPR Jakarta dengan mengangkat tema Pancasila dan Kesejahteraan Rakyat. Sedangkan para siswa lain mengikuti kegiatan ini dirumah masing-masing secara virtual via zoom.


Kegiatan Sosialisasi ini terselenggara atas kerjasama antara SMK-PP Negeri Saree dan Lembaga Edukasi untuk Peternakan dan Pertanian Indonesia (LEUPPI) yang didukung penuh oleh Sekretariat MPRI RI dalam rangka memberi pemahaman yang lebih tajam tentang Pancasila dan Kebangsaan bagi pelaku dunia pendidikan.

Foto : Istimewa

Selaku ketua MPR, Bambang menjelaskan 4 Pilar MPR RI yaitu Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara; UUD Tahun 1945; Sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR; NKRI Sebagai Bentuk Negara; Dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara; dibahas secara jelas dalam sosialisasi ini.

Pemahaman tentang 4 Pilar MPR ini menjadi penting bagi siswa dan pelaku pendidikan khusus nya soal Pancasila karena itu menjadi dasar dan roh dalam kita melakukan usaha-usaha peningkatan mutu pendidikan yang mana tujuan akhir nya ada Memanusiakan manusia itu sendiri, ini sejalan dengan falsafah Pancasila, yang selalu berlaku bagi manusia Indonesia dalam hidup dan kehidupan.


“Guru merupakan salah satu kunci penggerak informasi yang digugu dan ditiru, sehingga dalam penyampaian empat pilar kebangsaan harus mampu dibangun secara struktural untuk membangun sikap dan mental anak-anak,” sebut Bambang.

Kemudian, Bambang mengatakan bahwa tujuan utama negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila adalah membuat rakyatnya sejahtera dan bahagia dari segi ekonomi, pembangunan, pendidikan, agama, kemanusiaan. Secara umum, negara harus dan wajib membuat rakyat nya sejahtera lahir bathin dengan mengelola dan memanfaatkan seluruh sumber daya alam ini secara benar dan bijak.

Dalam kesempatan ini, Ketua MPR RI berharap para siswa dan alumni SMK-PP Negeri Saree dapat menjadi penggerak utama dalam membangun dunia pertanian dengan tetap menganut falsafah pancasila. Para siswa dan alumni harap kembali ke desa masing-masing, bangun negara ini melalui desa anda, dengan slogan Usaha di desa Rezeki Kota Bisnis mengglobal.

Sedangkan Muhammad Amin, selaku Kepala SMK-PP Negeri Saree, dalam sambutannya mengatakan bahwa Kegiatan Sosialisasi dilaksanakan masih dalam rangkaian peringatan hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober yang lalu, sosialiasi 4 pilar ini menjadi penting karena kami sebagai Pendidik wajib tahu dan menjalankan nilai-nilai yang tercantum dalam UUD 1945 dan Pancasila didalam proses pembelajaran.

“Tantangan yang kita hadapi saat ini tidak lagi satu arah, melainkan banyak arah termasuk melalui media sosial karenanya hal itu harus segera diimbangi dengan berbagai pendidikan karakter dan saya berharap hendaknya para guru dan staf dapat membimbing putra putrinya dalam memanfaatkan Medsos dengan benar dan para siswa tidak menjadi konsumen dan produsen berita berita HOAX, apalagi ujaran kebencian dan perilaku perilaku dan ujaran yang mengarahkan kepada budaya intoleransi,” jelas Kepsek.

Dalam kesempatan ini, Muhammad Amin juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua MPR RI yang telah bersedia menjadi Narasumber dalam sosialisasi ini.

“Terima kasih kepada seluruh panitia dan pihak yang telah membantu sehingga terselenggaranya kegiatan ini, semoga program sosialisasi ini bisa kembali dilakukan tahun depan,” pungkasnya Muhammad Amin. (Zaki)
Editor : Zai

Editor     :
Sumber :
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: