Kepulauan Meranti

Menyambut Datangnya Kemarau, Babinsa Gencar Laksanakan Patroli Karhutla

Menyambut Datangnya Kemarau, Babinsa Gencar Laksanakan Patroli Karhutla
Menyambut Datangnya Kemarau, Babinsa Gencar Laksanakan Patroli Karhutla

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Menyambut datangnya musim kemarau yang diperkirakan akan tiba beberapa bulan kedepan.

Dimana kemarau sangat identik dengan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kodim 0303/Bengkalis melalui Babinsa Koramil 02/Tebing Tinggi bersama perangkat desa semakin gencar melakukan patroli pemantauan kawasan hutan di wilayah Desa Alahair, Kecamatan Tebing Tingg, Kabupaten Kepulauan Meranti. Sabtu (16/1/2021).


Danramil 02/Tebing Tinggi Mayor Arm. Bismi Tambunan SE melalui Serda Irvan Sulaiman mengatakan patroli pemantauan terhadap gejala dan sumber terjadi kebakaran merupakan upaya penanganan kebakaran secara dini dan terbukti dapat meminimalisir terjadinya bencana Karhutla.

Baca Juga :  Babinsa Bersama BPBD Kembali Laksanakan Patroli Karhutla dan Komsos

“Patroli merupakan penanganan secara dini terhadap bencana Karhutla, yaitu dengan melakukan pengecekan di tempat-tempat yang berpotensi terjadinya kebakaran, dan memastikan lumbung persediaan air serta sekat kanal dalam keadaan baik dan aman,” pungkasnya.

Tambahnya lagi, selain melakukan patroli pemantauan, sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya Karhutla juga terus ditingkatkan, karena Karhutla banyak menimbulkan efek negatif kepada masyarakat.


“Untuk itu masyarakat diminta agar tidak melakukan pembakaran secara sembarangan, baik itu sampah pekarangan maupun cara membuka lahan perkebunan dengan membakar,” pungkasnya lagi.

Baca Juga :  Dalam Rangka HUT Polwan ke 69,Polres Dumai Gowes In Meranti

“Dengan adanya Patroli Karhutla masyarakat mengerti pentingny efek, dan kesadaran masyarakat cara membuka lahan,” tutupnya.(A03/AH.01)

Editor     : Agus Salim Hs
Sumber : TPC
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: