Kepulauan Meranti

LSM Perades Temukan Limbah Medis Puskesmas Alah Air Dibuang Sembarangan

LSM Perades Temukan Limbah Medis Puskesmas Alah Air Dibuang Sembarangan
FOTO : Limbah Medis Puskesmas Alah Air Kecamatan Tebing Tinggi yang dibuang sembarangan di tempat pembuangan sampah umum. Foto : Goentur Musa/Tiraipesisir.com.

SELATPANJANG,TIRAIPESISIR.COM-Ketua LSM Perades (Peduli Rakyat Desa), Goentur Musa, Sabtu (21/11/2020) siang, menemukan Limbah Medis Puskesmas Alah Air, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti dibuang sembarangan di tempat pembuangan sampah umum.

“Keberadaan Puskesmas Alah Air membawa dampak negatif kepada masyarakat apabila limbah medisnya dibuang sembarangan tidak dikelola dengan baik, mencemarkan lingkungan dan berbahaya bagi masyarakat Meranti,” ujar Goentur.


Kata Goentor lagi, limbah medis itu limbah B3 sangat berbahaya bagi masyarakat. Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) menurut Undang Undang Nomor 32 tahun 2009 Pasal 1 Ayat (2) adalah upaya sistematis dan terpadu yang dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran dan atau kerusakan lingkungan hidup yang meliputi perencanaan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan, dan penegakan hukum.

Baca Juga :  Antisipasi Virus Covid-19, Bupati Meranti, Irwan, Serahkan Bantuan APD Kepada Petugas Kesehatan, Ormas dan Petugas Keamanan

Sayangnya, beber Goentur, sejak dari tahun 2016 lalu hingga saat ini, alat pembakar limbah medis (Incinerator) bernilai miliaran rupiah hingga kini tidak dapat dimanfaatkan.


“Kita lihat, Incinelator yang dibeli menggunakan uang rakyat itu sudah menjadi barang rongsokan,” kata dia lagi.

“Untuk itu diminta Kejati Riau dan Kejari Kepulauan memeriksa dengan serius kasus tersebut dan segera menetapkan tersangkanya,” tandas Goentur Musa aktivis LSM senior yang peduli terhadap rakyat desa itu. (Red/A01/09)

Baca Juga :  Alokasikan Dana 36 Miliyar, Posko Tim Penanggulangan Covid-19 Meranti Tidak Ada Biaya..!
Editor     : Zai
Sumber : Ketua LSM Perades
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: