Islami

Komunitas Ojek Online Go-Larangan Berbagi Takjil Jelang Buka Puasa

Komunitas Ojek Online  Go-Larangan Berbagi Takjil Jelang Buka Puasa
Komunitas Ojek Online Go-Larangan. Foto : Dwi Wahyudi

TANGERANG,TIRAIPESISIR.COM-Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa memberi buka puasa bagi orang puasa, maka ia akan mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang mengerjakan puasa sedikitpun. Pada bulan Ramadan, seringkali banyak ditemui orang atau kelompok yang membagikan makanan secara gratis baik di dalam masjid, mushala, atau di jalan raya.

Ketua Bas Cam Driver Go Larangan,Solihin alis Bongkeng. Foto : Dwi Wahyudi

Semua ini dilakukan tidak lain karena niat untuk berbagi di bulan yang suci ini. Di Indonesia, memberi makanan secara gratis pada bulan Ramadan banyak dikenal dengan istilah memberi takjil, baik berupa makanan ringan ataupun nasi. Tujuan utamanya pun adalah demi membatalkan puasa yang telah dikerjakan selama seharian penuh. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), takjil bermakna mempercepat (dalam berbuka puasa) atau makanan untuk berbuka puasa. Dikalangan masyarakat sendiri, banyak ditemui menu takjil yang bisa berupa makanan berat nasi beserta lauk pauk ataupun makanan ringan yang berisi jajanan ringan dan minuman air kemasan. Di dalam ajaran agama Islam sendiri, seperti Ibadah Ramadhan mengajarkan bahwa orang yang memberi buka puasa dapat memperoleh pahala layaknya orang yang berpuasa tersebut.


Komunitas Ojek Online Go-Larangan. Foto : Dwi Wahyudi

“Barangsiapa memberi buka puasa bagi orang puasa, maka ia mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang puasa sedikitpun”(H.R. Tirmizi) dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu ketika waktu berbuka sudah datang. Nabi Muhammad pernah bersabda,”Ada 3 orang yang tidak ditolak doanya,salah satunya orang berpuasa saat berbuka…”(H.R.Ibnu Hibban). Sementara dalam “Ganjaran Berbagi Takjil untuk Orang Berpuasa”, Syekh Said Muhammad Ba’asyin dalam Busyrol Karim mengatakan bahwa orang yang berpuasa disunahkan berbagi sesuatu dengan orang lain untuk buka puasanya meskipun hanya sebutir kurma atau seteguk air. Kalau dengan makan malam, tentu lebih utama.

Baca Juga :  Wabup Kepulauan Meranti,H.Said Hasyim Pimpin Rapat Ranperda Ketertiban Umum

Dalam berbagi kasih,Komunitas Ojek Online atau sering disebut dikalangan Bas Cam Driver Go-Larangan yang diketuai oleh Solihin atau biasa dipanggil Abang Bongkeng,bersama anggotanya kali ini melakukan Bakti Sosial,dengan membagi bagikan Takjil kepada para penumpang Angkutan Umum yang melintas di daerah Larangan Kota Tangerang,Minggu (19/5).

Hal ini sudah sering mereka lakukan setiap menjelang berbuka Puasa saat dibulan Ramadhan. Dengan Cara bergotong royong,para Driver Ojek Online ini mengumpulkan makanan serta minuman yang diperoleh dari para Anggota. Ia berharap dengan melakukan kegiatan ini dapat meningkatkan rasa keimanan kepada Allah SWT,yang telah memberikan Rejeki,Keselamatan,danbarokah kepada mereka.


Hadir pula dalam kesempatan ini perwakilan dari Pt.GI Hasbi,ia menambahkan ada beberapa program yang bisa dilakukan jelang Ramadhan kali ini,antara lain membersihkan makam dengan dilakukan bersama para Driver dari BasCam-BasCam yang ada disetiap tempat di Kota Tangerang,juga membersihkan Masjid dan yang seperti sudah sering dilakukan oleh Go-Larangan yaitu menyantuni para Yatim Piatu setiap jelang Lebaran anak Yatim. “Ia berharap agar kegiatan serupa dapat juga dilakukan oleh para Driver Ojek Online lainya,”pungkas Hasbi.***
Liputan : Dwi Wahyudi
Editor : Zainuddin

Baca Juga :  Usai Mayat Maraden,Polisi Temukan Mayat Rekannya

author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: