Hukum

Ketum Lembaga IPSPK3-RI, Ganda Mora Apresiasi : Tim DLHK dan Direskrimsus Polda Riau Berhasil Tangkap Alat Berat di Konsesi Hutan Negara

Ketum Lembaga IPSPK3-RI, Ganda Mora Apresiasi : Tim DLHK dan Direskrimsus Polda Riau Berhasil Tangkap Alat Berat di Konsesi Hutan Negara
FOTO FILE : Alat Berat yang berhasil ditangkap Tim dari DLHK dan Direskrimsus Polda Riau, di konsesi hutan Negara, di Rokan Hilir. Foto : redaksi/tiraipesisir.com

PEKANBARU,TIRAIPESISIR.COM-Sebagai Aktivis lingkungan kami mengapresiasi Tim dari DLHK dan Direskrimsus Polda Riau, yang berhasil menangkap alat berat di konsesi hutan negara di Rokan Hilir.

“ini merupakan bentuk keseriusan instansi dan penegak hukum guna menerapkan UU No 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan,” tutur Ir.Ganda Mora,M.Si, Ketua Umum (Ketum) Lembaga Independen Pembawa Suara Pemberantas Korupsi, Kolusi, Kriminal Ekonomi-Republik Indonesia (Lembaga IPSPK3-RI) di Pekanbaru, Senin (02/11/2020).


Namun menurut Ganda, perlu kita ingatkan agar tidak kecolongan lagi sebagaimana kasus kasus sebelumnya, dimana tersangka tidak ada atau tidak ditangkap, sehingga selanjutnya pemilik alat justru praperadilan dengan alasan mengalami kerugian akibat penahanan alat berat.

Baca Juga :  BNN Riau Amankan 112,5 Kg Shabu

“Sebab, bilamana tidak ada tersangka, maka alat berat tidak dapat dijadikan alat bukti perusakan hutan, sehingga alat berat bukanlah titipan pengadilan tetapi ditahan DLHK selama berbulan bulan. Pada praperadilan DLHK kalah kemudian alat berat dilepas karena sudah perintah pengadilan,” sebut Ganda.

Maka untuk mengantisipasi hal tersebut, kata Ganda, kami meminta agar penyidik menetapkan tersangkanya yaitu pihak yang memberikan pekerjaan dengan surat perintah kerja dan juga penerima perintah kerja, bukan operator, sebab operator hanya melaksakan pekerjaan sesuai surat perintah kerja kepada pemilik alat berat.


“Untuk saat ini, kita apresiasi dan untuk selanjutnya kita awasi sampai kemana lidik dan penyidikannya,”tegas Ganda. (Red/A01/09)

Baca Juga :  Kasus Proyek Maikarta,KPK Periksa Dua Pejabat Lippo Cikarang

Editor : Zai


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: