Indonesia

Ketua LSM Parades,Guntur.MS :Pelaksanaan Proyek Pemecah Gelombang Desa Permai Kec.Rangsang Barat Asal Jadi.”Anggaran Habis Pulau Terkikis”

Ketua LSM Parades,Guntur.MS :Pelaksanaan Proyek Pemecah Gelombang Desa Permai Kec.Rangsang Barat Asal Jadi.”Anggaran Habis Pulau Terkikis”

Meranti,TiraiPesisir.Com – Abrasi adalah proses pengikisan pantai oleh tenaga dan kekutan gelombang laut yang besifat merusak. Abrasi biasanya disebut juga erosi pantai,kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipicu oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai tersebut. Demikian dikatakan Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Peduli Rakyat Desa (parades),Tuan Guntur.MS kepada Media ini,Sabtu (02/7) di Selatpanjang.

Selanjutnya kata Guntur,untuk menahan lajunya abrasi perlu diambil kebijakan (Policy) yang tepat agar program atau kebijakan dalam hal mencegah menyusutnya luas suatu pulau,diakibatkan oleh abrasi tersebut. Sementara manfaatnya untuk dapat dirasakan masyarakat,dan bukan hanya untuk sesaat saja,dan dapat bermanfaat untuk jangka panjang. “Langkah untuk mengatasi abrasi yang telah menerpa Pulau Rangsang khususnya desa-desa yang berhadapan langsung dengan selat malaka seperti Desa Permai Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti Riau,”papar Guntur menjelaskan


 

Baca Juga :  KPPBC Tipe Pratama Selatpanjang Angkut Puluhan Kardus Barang Elektronik Dipelabuhan Tj Harapan

Hasil pantauan Media ini di lapangan,Jumat (01/7) ditemui bahwa,bibit mangrove yang ditanam di bibir pantai Desa Permai tersebut sudah sirna dibawa ombak selat malaka,yang pada priode-priode tertentu terpaan ombaknya sangat kuat. Bukan sebatas itu saja,malah tiang-tiang pancang yang terbuat dari nibung ada yang sudah tumbang,sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa,mekanisme atau konsep mengatasi abrasi yang telah direalisasikan tidak sesuai apa yang diharapkan,dengan kata mengalami kegagalan.“Dalam usaha menghambat abrasi dengan cara menanam bibit mangrove dalam skala besar yang ditanam dibibir pantai Desa Permai belum menampakkan hasil seperti yang diharapkan,”kata Guntur.

Baca Juga :  Himbauan dan Sosialisasi, Babinsa Laksanakan Patroli Gabungan Yustisi

Menurut penulis,disinilah komitmen pemerintah (goverment-red) khususnya P)emkab Kepulauan Meranti sangat diharapkan perhatriannya terhadap abrasi pulau-pulau didalam bingkai wilayah Kabupapaten Kepulauan Meranti,dan setia kebijakan (Peolicy) sangat perlu pembahasan serta pengkajian mendalam sebelum solusi mengatasi abrasi menjadi skala prioritas sebelum direalisasikan.***


Penulis : Pimpinan Umum,Encik Azman.A.Nawar,BcHK     

 

 


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: