Kepulauan Meranti

Kepala LKPP RI : Dedikasi BPBJ Meranti Sangat Tinggi

Kepala LKPP RI : Dedikasi BPBJ Meranti Sangat Tinggi
MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Dr Ir Roni Dwi Susanto memberikan nilai plus kepada Bagian Pengadaan Barang Jasa (BPBJ) Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti.
Ia mengemukakan, torehan prestasi BPBJ Kepulauan Meranti sebagai salah satu pemenang National Procurement Award 2019 pada kategori “Komitmen Penerapan Standar LPSE 2014″ berdasarkan tingginya komitmen dan dedikasi dalam mengimplementasikan pengadaan barang/jasa secara elektronik.
“Selamat kepada daerah penerima National Procurement Award 2019 yang berkat dedikasinya yang tinggi dalam mengimplementasikan pengadaan barang/jasa secara elektronik,” ujar Roni.
Dikatakannya, National Procurement Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada Pimpinan Kementerian/Lembaga/ Pemerintah Daerah/Instansi yang menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam proses pengadaan barang/jasa.
Prinsip lain yakni akselerasi implementasi e-Procurement (lelang/tender elektronik), dan kepemimpinan dalam transformasi pengadaan secara elektronik.
Dalam Rakernas LKPP yang tahun ini mengambil tema transformasi pengadaan di era digital untuk SDM unggul Indonesia maju diikuti peserta terdiri dari Kepala Daerah, perwakilan LPSE, ULP, IFPI, IAPIdan APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah) dari seluruh Indonesia.
Ia mengakui, penghargaan yang dianugerahkan kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dan daerah lainnya adalah wujud apresiasi pemerintah.
Ini tidak lepas dari komitmen pemerintah daerah atau lembaga kementerian dalam menerapkan prinsip – prinsip transparansi dan di bidang pengadaan barang dan jasa.
“Prestasi ini juga tidak lepas dari kesugguhan kepala daerah, kementerian dalam peran nyata memberikan motivasi dan perhatian kepada pengelola LPSE,” pungkasnya.
Dikesempatan yang sama, Kepala BPBJ Meranti Janefi Meza, didampingi Kasubag BPBJ Fajar Triasmoko MT mengatakan, saat ini Bagian Pengadaan Barang/Jasa Kepulauan Meranti sudah memenuhi penerapatan 17 standar atau keseluruhan standar pengadaan yang diamanatkan LKPP sesuai dengan Peraturan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2015 tentang Peningkatan Layanan Pengadaan Secara Elektronik.
“Alhamdulillah saat ini BPBJ Meranti sudah kemenuhi standar itu,” ucapnya.
Adapun 17 standar atau keseluruhan standar pengadaan yang diamanatkan LKPP sesuai dengan Peraturan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2015 tentang Peningkatan Layanan Pengadaan Secara Elektronik itu meliputi :
1. Standar Kebijakan Layanan
2. Standar Pengorganisasian Layanan
3. Standar Pengelolaan Aset
4. Standar Pengelolaan Risiko
5. Standar Pengelolaan Layanan Helpdesk
6. Standar Pengelolaan Perubahan
7. Standar Pengelolaan Kapasitas
8. Standar Pengelolaan Sumber Daya Manusia
9. Standar Pengelolaan Keamanan Perangkat
10. Standar Pengelolaan Keamanan Operasional Layanan
11. Standar Pengelolaan Keamanan Server dan Jaringan
12. Standar Pengelolaan Kelangsungan Layanan
13. Standar Pengelolaan Anggaran
14. Standar Pengelolaan Pendukung Layanan
15. Standar Pengelolaan Hubungan dengan Pengguna Layanan
16. Standar Pengelolaan Kepatuhan
17. Standar Penilaian Internal
Hal itu dinilai penting karena Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, bahwa pengadaan barang/jasa pemerintah mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional untuk peningkatan pelayanan publik, pengembangan perekonomian nasional dan daerah, memberikan pemenuhan nilai manfaat yang sebesar-besarnya (value for money) serta kontribusi dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri, peningkatan peran UMKM, dan pembangunan berkelanjutan. (A04)
Editor : Dhamean

Baca Juga :  Para Wartawan di Meranti Laksanakan Amanah Sunnah Pemotongan Hewan Qurban

author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: