Nasional

Kepala Desa Huta Ginjang Fasilitasi Warga Untuk Pelebaran Jalan

Kepala Desa Huta Ginjang Fasilitasi Warga Untuk Pelebaran Jalan

TAPSEL,TIRAIPESISIR.COM – Mara Iman Siregar Kepala Desa (Kades) Huta Ginjang Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) sangat serius dan tidak main-main dalam merencanakan Pelebaran Ruas Jalan sepanjang 1 KM di Desa Huta Ginjang.

Pasalnya, Tahapan Sosialisasi Awal kepada warga masyarakat yang terkena pembebasan lahan sebanyak 23 orang yang jauh direncanakan pelaksanaannya, Selasa (31/7/2018) bertempat di Kantor Kepala Desa Huta Gonjang, sangat mendapat respon dari warga masyarakat.


Demikian dikatakan Kepala Desa Huta Ginjang Mara Iman Siregar kepada Awak Media ini di Kantornya, Selasa (31/72018) sekitar Pukul 08.30 pagi sebelum pelaksanaan sosialisasi berlangsung.

Acara Sosialisasi yang digelar tersebut menghadirkan Nara Sumber dari Dinas PU Tapsel dan dihadiri Camat Angkola Timur Darwin Dalimunthe diwakili Kasi Pembangunan bersama para Kades SE Kecamatan Angkola Timur.

Kades Huta Ginjang Mara Iman menegaskan, upaya Pelebaran Jalan sepanjang 1 KM itu dilakukan untuk mendorong Akses Transportasi Sector Parawisata yang lebih mudah. Dia meminta, masyarakat yang tinggal di kawasan yang kena Pelebaran Jalan diharapkan dapat mendukung Program tersebut.


Menurutnya, juga Kades yang bersentuhan langsung dengan warga masyarakat agar memberikan Pengetahuan dan Sosialisasi kepada masyarakat yang rumahnya berada di Pinggir Jalan. Jadi, supaya mereka bisa mengerti lebih kongkret kenapa Pelebaran Jalan ini dilakukan oleh Pemerintah.

Nara Iman juga menjelaskan, rencananya dalam Pelebaran Jalan tersebut oleh Pemkab Tapsel dianggarkan Pada PAPBD Tahun Anggaran (TA) 2018, diminta untuk menyediakan Tanah Bahu Jalan, sehingga Ruas Jalan tersebut sesuai permintaan Pemerintah Kabupaten Tapsel. Setelah itu, Pemkab Tapsel memiliki kewenangan atas Jalan tersebut dan akan melakukan Pembangunan.

Terkait ganti rugi, Mara Iman manambahakan, apabila ada Pagar Rumah atau bahkan Teras Rumah warga yang terkena gusur Pelebaran Jalan, belum dapat dipastikan apakah harus diganti rugi oleh Pemerintah. Menurutnya, hal itu baru dapat diketahui setelah pelaksanaan Sosialisasi dari Pemkab Tapsel.

“Saya belum bisa menjawab, apakah diganti rugi, nantilah setelah Sosialisasi dari Pemkab Tapsel, baru kita ketahui.
Kira berharap, nanti bila ada Rumah, ada Teras warga yang kena, Pemerintah dapat mengganti walaupun bukan berupa uang. Ini masih dalam Tahapan Sosialisasi, mudah-mudahan masyarakat mendukung, karena dampak positifnya cukup banyak bagi masyarakat”, terangnya.

Pihaknya juga optimis, jika ini terealisasi dan masyarakat mendukung penuh, maka kawasan Desa Huta Ginjang akan lebih ramai. Karena, diketahui Potensi Pertanian dan Pariwisata di wilayah tersebut cukup indah dan layak jual. Apalagi jika akses jalan sudah dilebarkan, maka Nilai Jual Lahan warga masyarakat akan lebih tinggi dan warga yang hendak ke Sibolga atau Batang Toru tidak lagi melewati Kota Padang Sidempuan, karena sudah bisa lewat dari Desa Huta Ginjang dan Keberadaan Jalan ramai dilewati Pengguna Jalan. (Okta/Bermawi)

Editor     :
Sumber :
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: