CILEDUG

Kena OTT Buang Sampah Sembarangan 40 Orang Warga Cipulir Didenda

Kena OTT Buang Sampah Sembarangan 40 Orang Warga Cipulir Didenda
Warga kena OTT saat buang sampah sembarangan dijaring petugas. Foto : horlas/tiraipesisir.com

CILEDUG,TIRAIPESISIR.COM-Masih banyaknya warga membuang sampah sembarangan membuat pihak Kelurahan Cipulir, Kebayoran Lama gerah.

“Untuk mencegah warga membuang sampah sembarangan, petugas rutin menggelar Operasi tangkap tangan (OTT) disejumlah titik yang dianggap rawan lokasi buang sampah, kata Lurah Cipulir,” Sugiarto.


Lokasi yang rutin dilakukan OTT pembuang sampah, diantaranya disepanjang Jalan Cileduk Raya dan Jl.Raya Kebayoran Lama, karena di lokasi masih banya warga yang buang sampah sembarangan.

“Tujuannya operasi ini selain untuk menyadarkan warga juga membudayakan buang sampah pada tempatnya. Memang sampai saat ini masih ada warga yang seenaknya membuang sampah sembarangan, terbukti saat kami OTT sebanyak 40 orang warga tertangkap tangan membuang sampah sembarangan,” kata Sugiarto, Sabtu (24/8/2019).

Baca Juga :  BNN Banten Amankan 3 Orang Kurir Narkotika 5,2 Kg Sabu Dan 150 Kg Ganja

Diungkapkannya, OTT yang digelar secara rutin ini pihaknya melihatkan kepada warga sekitar. Selain itu juga untuk menegakkan Perda Nomor 3 Tahun 2013 tentang pengelolaan sampah agar masyarakat patuh dan tidak sembarangan membuang sampah.


Warga yang terjaring itu juga langsung didenda dengan bayar di tempat kepada petugas antara Rp 100 hingga 500 ribu/orang dan membuat surat pernyataan, agar mereka jera sehingga kedepan tidak akan mengulangi lagi.

Selain didenda warga yang terjaring operasi ini juga membuat surat pernyataan dan wajib lapor. “Kami berharap agar nanti tidak ada warga membuang sampah sembarangan lagi, ” tegasnya.

Baca Juga :  Pembacaan Exsekusi Rumah Hendro Basuki Oleh PN Kota Tangerang

Sementara itu, Didik (45) salah seorang warga yang terjaring operasi mengaku dia kapok. Menurutnya, memang selama ini ia dan warga yang lain sering membuang sampah di Jalan Cileduk Raya dan aman-aman saja.

Saya kaget, saat melempar bungkusan plastik berisi sampah tiba-tiba dihampiri petugas. “Awalnya sempat protes tapi setelah dijelaskan akhirnya saya ngaku saya salah,” kata warga Cipulir ini.

Kedepan dia tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. Selain itu dia akan mengajak warga lain untuk sama-sama menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. (Horlas/A08/08)

Baca Juga :  Menjelang Hari Kemerdekaan RI Warga Larangan Gelar Tasyakuran

author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: