Hukum

Kebiasaan Buruk di PN Rantauprapat Labuhanbatu “Seenaknya Menangani Masalah”

Kebiasaan Buruk di PN Rantauprapat Labuhanbatu “Seenaknya Menangani Masalah”

Surat Pengajuan Pemanggilan Saksi Yang Diabaikan,Hakim Kerap Tunda Sidang dan Abaikan Saksi Kunci

Penulis : Zainul Hasibuan


LABUHANBATU,TIRAIPRSISIR.COM – Sidang gugatan perkara perdata antara pihak penggugat Hanifaidah Cs melawan H Kamaluddin Dalimunte serta tergugat Lurah kelurahan Sigambal menimbulkan banyak kejanggalan.

Menurut Penggugat,Hakim Dharma P Simbolon SH yang memimpin persidangan kerap merugikan pihaknya termasuk saat pihak penggugat telah memohon pemeriksaan saksi kunci dari BPN.

“Pegawai BPN sudah dihadirkan dan membawa warkat asli untuk pembuktian persidangan,tapi hakim menolak dan menunda persidangan,alasan hakim belum datang,jadi saksi tidak jadi di periksa,”ungkap mereka di damping pengacara mereka, Damhasonangan Harahap,SH.


“Waktu itu,tanggal 4 Mei seharusnya saksi kunci diperiksa tetapi hakim berhalangan tanpa alasan jelas menunda persidangan,”terang Sonang

Lebih lanjut Sonang mengatakan,di bulan yang sama pihak penggugat mengajukan kembali surat permohonan untuk menghadirkan saksi kunci dari pihak BPN Labuhanbatu,tapi upaya itu tidak juga dilakukan pihak hakim.
“Sampai menjelang putusan, saksi kunci tidak pernah di periksa,”papar Sonang di kantor Pengadilan Negeri Rantau Perapat.

Ironisnya kata Sonang,hari Rabu,4 Oktober 2017,agenda persidangan putusan perkara Nomor : 170/PDT/ 2016/PN-Rap yang seharusnya dilaksanakan pukul 10:00 WIB, tanpa alasan yang pasti sidang di tunda pukul 16:00 WIB.

Kalau kebiasaan buruk ini terus dilakukan para penentu keadilan di negeri ini,seperti kejadian di Pengadilan Negeri Rantauprapat. Rakyat yang mencari keadilan tetap menjadi objek pembodohan.
“Prilaku hakim sudah harus dibenahi,dan jangan seenaknya menangani masalah yang ditangani mereka,”imbuh Sonang mengingatkan para hakim di PN Rantauprapat. ***
Editor : Dhamean

Editor     :
Sumber :
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: