Kepulauan Meranti

Over Kapasitas, LP IIA Bengkalis Pindahkan 25 Orang Napi

Over Kapasitas, LP IIA Bengkalis Pindahkan 25 Orang Napi
Kalapas IIA Bengkalis Agus Pritiatno

Bengkalis,TiraiPesisir.com – Sudah melebihi over kapasitas, Lembaga Permasyarakatan Lapas IIA Bengkalis, pindahkan sebanyak 25 orang Narapidana (Napi) dengan rata-rata kasus Narkotika.

Kalapas IIA Bengkalis Agus Pritiatno


Hal itu, disampaikan Kalapas IIA Bengkalis Agus Pritiatno, kepada sejumlah wartawan ketika ditemui di ruangan kerjanya, Senin (11/12/17).

“Yang kita pindahkan ada warga negara malaysia, ini dikarenakan untuk mengurangi over kapasitas aja. Karena Lapas Bengkalis sudah over kapasitas,”kata Agus Pritiatno.


Diutarakan Agus, pemindahan para Napi tersebut, ke Lapas yang masih bisa menampung. Kebetulan lanjutnya, Lapas yang masih bisa menampung tersebut yaitu Lapas Bangkinang.

Baca Juga :  Bertempat di Kantor Desa Tanjung Darul Takzim, Babinsa Koramil 02/Tebing Tinggi Awasi Penyaluran BLT-DD Tahap 4

“Kebetulan lapas yang bisa menampung itu Lapas Bangkinang, untuk tahap ini, yang jelas untuk mengurangi over kapasitas,”ungkapnya.

Dia melanjutkan, ke 25 warga binaan yang dipindahkan itu merupakan yang mendapat hukuman tinggi dan sudah di putus/ingkrah oleh Pengadilan Negeri Bengkalis.


“Mereka yang dipindahkan ini, rata-rata kasus Narkoba, ada juga kasus pembunuhan. Tapi sebagian besar Napi narkoba,”katanya lagi.

Selain itu, ketika disinggung Narapidana kasus pembunuhan disertai mutilasi, apakah akan dipindahkan juga. Ungkap Kalapas, kasus mutilasi itu belum putus dan masih berlanjut. Disamping itu, untuk tahanan terdakwa Heri Khusnadi alias Eri Jack itu ditahan di sel tersendiri.

Baca Juga :  Resmikan Gerakan Cuci Tangan Sedunia,Wabup Meranti Harapkan Masyarakat Budidayakan Cuci Tangan Sejak Dini

“Yang jelas si Eri Jeck itu di sel khusus, dan yang mutilasi itu merupakan tahanan kurang berbahaya, yang berbahaya itu adalah kan kasus Narkoba,”ujarnya lagi.

Lanjutnya, dari 25 orang Narapidana yang dipindahkan di Lapas Bangkinang tersebut, sebagian sudah mendapat remisi. Sedangkan untuk Lapas II A Bengkalis itu sendiri, saat ini dihuni sebanyak 1.400 Napi, sedangkan kapasitas yang dimiliki Lapas IIA Bengkalis hanya 355 orang.

“Pemindahan para Napi ini dilakukan pukul 05.00 wib dinihari, dan kita juga sudah melakukan kordinasi dengan Kepolisian dan pihak Kejaksaan,”imbuhnya.***(RGC)

Baca Juga :  Sekda Meranti,H.Yulian Norwis Buka Turnament Sepak Bola Sungai Cina MudaTahun 2019

author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: