Kepulauan Meranti

Kadis LH, Irmansyah : Mendukung Kebijakan Bupati Dalam Meningkatkan Produksi Sagu di Meranti

Kadis LH, Irmansyah : Mendukung Kebijakan Bupati Dalam Meningkatkan Produksi Sagu di Meranti
FOTO FILE : Limbah repu kilang sagu yang kelihatan mencemari pinggiran perairan sungai Tenggayun, milik Opi, di Desa Tenan, Kecamatan Tebing Tinggi Barat. Foto : redaksi tiraipesisir.com/pnnews.com.

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Bupati Kepulauan Meranti, Drs.H.Irwan,M.Si dan Kepala Bulog, Budi Waseso hadir dalam membahas masa depan ‘sagu’ dalam live talkshow sagu yang dipandu oleh presenter Metro TV Andi F Noya.

Talkshow digelar bersempena Pekan Sagu Nusantara 2020 yang digelar di Graha Swala Kemenko Perekonomian RI Jakarta, Selasa (20/10/2020) lalu.


Selain Bupati Kepulauan Meranti, Irwan dan Kepala Bulog Budi Waseso, hadir juga sebagai narasumber dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Kementerian Pertanian, pendamping petani sagu Tengku Rivanda Ansori, dan Ibu Saptarining Wulan selaku Dosen Sekolah Tinggi Patiwisata Trisakti dan Penggiat Makanan dari Sagu.Dina

Baca Juga :  45 Media dari 38 Kabupaten/Kota di Jatim Tanggapi Surat Dewan Pers

Pada dialog tersebut, Bupati banyak memaparkan potensi ekonomi sagu dalam mengawal pertumbuhan ekonomi Meranti. “Kita mendukung kebijakan Bupati dalam meningkatkan produksi sagu di Meranti,” ucap Irmansyah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Kabupaten Kepulauan Meranti saat berbincang-bincang dengan redaksi tiraipesisir.com dan PNNews.Com, di ruang kerjanya, Selasa (27/10/2020) pagi.

Selanjutnya, kata Irmansyah, di Kabupaten Kepulauan Meranti ini ada sekitar 65 kilang sagu yang memproduksi tepung sagu. “Untuk menindaklanjuti kebijakan Bupati tersebut, kita akan meningkatkan pembinaan dan pengawasan terhadap produksi tepung sagu di Meranti,” tegasnya.


“Produksi tepung sagu di Meranti harus bersih dan ramah lingkungan. Ipal, dan UKL-UPL nya akan terus kita lakukan pengawasan, agar limbahnya tidak lepas ke sungai atau ke perairan umum, karena aspek lingkungan hidup harus diperhatikan,” ujar Irmansyah menegaskan lagi.

Baca Juga :  Kebakaran Hanguskan Rumah Seorang Janda di Teluk Belitung

Secara teknis, lanjut Irmansyah, di awal tahun depan, kita akan lakukan sosialisasi pembuatan Ipal yang baik dengan menghadirkan tim teknis dari Universitas Riau dan mengundang semua pengusaha kilang sagu yang ada di Meranti.

“Selain itu, kita juga akan minta bukti pernyataan para pemilik kilang sagu pada dokumen UKL-UPL nya, bila tidak benar, kita akan lakukan tindakan, dan tindakan yang akan lakukan itu adalah merupakan pembinaan,” tandas Irmansyah. (Red/A01/09)
Editor : Zai

Baca Juga :  Polsek Kualuh Hulu Tangkap Jurtul Togel di Desa Perpaudangan

author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: