TANGERANG

Job Fair Besar-Besaran di Tangerang Libatkan 50 Perusahaan Besar

Job Fair Besar-Besaran di Tangerang Libatkan 50 Perusahaan Besar
Suasana Para Pelamar Kerja Pada Job Fair. Foto : dwi wahyudi/tiraipesisir.com

TANGERANG,TIRAIPESISIR.COM-Job Fair besar-besaran digelar oleh Pemerintahan Kota Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan pada hari Selasa-Rabu,23-25 Juli 2019. Bursa kerja ini berlangsung sedari pagi hingga sore hari di Mall Bale Kota Tangerang.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Rakhmansyah menjelaskan, dalam Job Fair kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Yakni para pencari kerja harus melalui pendaftaran online. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi desak-desakan saat acara berlangsung.


Cara via online tersebut, kata Rakhmansyah, berkaca pada peristiwa tahun lalu hingga membludaknya pengunjung sampai terinjak-injak dalam Job Fair yang digelar di Mall Metropolis Kota Tangerang waktu itu.

Baca Juga :  PT.Timah Sikapi Kondisi Produksi Tanur PT.WPJ di Desa Topang Rangsang Menurun

“Caranya pertama buka aplikasi Tangerang Live di smartphone milik para pencari kerja,” ujar Rakhmansyah kepada tiraipesisir.com, Minggu (21/7/2019).

Kemudian, katanya lagi, pilih menu layanan Ketenagakerjaan di aplikasi tersebut. Lalu klik fitur Job Fair yang tertera di dalamnya.


“Setelah itu isi data diri dari tiap-tiap pelamar,” ucapnya.

“Seperti alamat tinggal, strata pendidikan, tahun kelulusan, jurusan pendidikan, pengalaman pekerjaan dan masukan juga keahliannya. Jangan lupa untuk mencantumkan nomor telepon. Berkas yang telah terisi kemudian di-upload,” kata Rakhmamsyah.

Baca Juga :  Kapolres Kepulauan Meranti,AKBP Tafiq Lukman,Giat Pembina Upacara di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Selatpanjang Kota

Upload juga pas foto, ijazah pendidikan terakhir, kartu tanda penduduk, berkas kartu kuning, surat catatan keterangan kepolisian serta keterangan surat kesehatan.

“Alurnya saat Job Fair berlangsung, pelamar membuka barcode dari aplikasi Tangerang Live ini. Lalu mengarahkan barcode itu ke laptop milik panitia Job Fair di lokasi. Barcode yang sudah terverifikasi oleh panitia, pelamar dibolehkan masuk ke area Job Fair,” ungkapnya.

Setelah itu, lanjutnya, para pencari kerja ini mencetak barcode dan menuju stand perusahaan yang dituju. Pelamar melakukan scan terhadap barcode tersebut di stand perusahaan.

Baca Juga :  Data Sebaran 790 Kasus Positif Corona di Indonesia

“Barcode yang sudah terverifikasi otomatis masuk ke database perusahaan itu. Dan akhirnya bisa dilakukan proses interview oleh perusahaan tersebut. Dalam Job Fair ini diikuti oleh 50 perusahaan ternama,” papar Rakhmansyah. (D.Wahyudi/A07/09)


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: