Labuhan Batu Selatan

Jelang Musim Kemarau, Manggala Agni Labuhanbatu Siap Siaga Atasi Kebakaran Hutan dan Lahan

Jelang Musim Kemarau, Manggala Agni Labuhanbatu Siap Siaga Atasi Kebakaran Hutan dan Lahan

LABUSEL, TIRAIPESISIR.COM – Baru-baru ini kebakaran lahan telah terjadi disekitaran wilayah Kabupaten Labuhanbatu Selatan tepatnya terjadi di Dusun 7 Desa Tanjung Selamat Kec. Kampung Rakyat.

Salah satu tim Manggala Agni Labuhanbatu, Idris Nasution ketika dikonfirmasi mengatakan, bahwa hingga saat ini api sudah berhasil dipadamkan.
Dikatakan Idris, pemadaman api berlangsung selama 3 hari (8, 9 dan 10 Maret 2019).


“Lahan yang terbakar sekitar 20 Hektar, dengan pemilik lahan atas nama Ari Sipayung, lahan tersebut tidak terkelola alias kosong dan dipenuhi semak belukar,” ujar Idris Nasution, Senin (11/3) di Kotapinang.

Baca Juga :  MPC PP Kabupaten Labusel Adakan Pertandingan Motocross

Kadaops Manggala Agni KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) Labuhanbatu, Rizki Lesmana Nasution melalui Kepala Regu Pemadam Kebakaran Lahan dan Hutan, Julianto menjelaskan jika penyebab kebakaran tersebut diduga kurangnya kesadaran dari masyarakat dengan cara membakar lahan.

“Menjelang musim kemarau ini, kepedulian dari masyarakat saat ini sangat kita harapkan, serta kesadaran diri untuk tidak menyebabkan kerusakan dengan cara membakar lahan,” ujar Julianto.


“Informasi kebakaran tersebut kita dapat dari anggota masyarakat peduli api. Sebanyak 13 orang anggota Manggala Agni, 4 orang MPA (Masyarakat Peduli Api) dan 8 orang karyawan PT. Sepadan Jaya yang ikut serta memadamkan api,” jelas Julianto.

Baca Juga :  Puluhan Wartawan LJI Santuni Keluarga Bayi Penderita Tumor

Julianto menambahkan, jika dirinya telah mendapat informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bahwa BMKG memprediksi untuk seputaran wilayah Labuhanbatu Raya (Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu, dan Labuhanbatu Selatan) adalah dalam tingkat posisi waspada akan rawan kebakaran lahan dan hutan.

“Sesuai dari informasi dari BMKG tersebut, maka untuk saat ini kita telah siap siaga untuk mangatasi kebakaran hutan dan lahan,” tegas Julianto.(M/B07)


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: