Kepulauan Meranti

Jalan STB-Kepau Baru dan Tj. Sari-Teluk Buntal Tuntas di Tahun 2022

Jalan STB-Kepau Baru dan Tj. Sari-Teluk Buntal Tuntas di Tahun 2022
Jalan STB-Kepau Baru dan Tj. Sari-Teluk Buntal Tuntas di Tahun 2022

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Bupati Kepulauan Meranti H.M Adil SH, membuka sekaligus mengikuti Musrenbang Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Timur (3T) Tahun 2022, dalam kegiatan menjaring aspirasi masyarakat di Kecamatan dan Desa diwilayah Kecamatan 3T itu, Bupati janji akan menuntaskan pembangunan Jalan penghubung antar Desa di Wilayah 3 T di tahun 2022, bertempat di Aula Kantor Camat, Kamis (4/3/2021).

Dalam sambutannya Bupati Kep. Meranti H.M Adil menjelaskan, sesuai Permendagri No. 86 Tahun 2017, Musrenbang adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders dalam rangka menyusun Rencana Pembangunan Daerah dengan cara menjaring aspirasi masyarakat dalam proses penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) yang lebih baik dan lebih berpihak kepada Kepentingan Masyarakat.


Untuk itu melalui pelaksanaan musrenbang RKPD itu, Bupati H.M Adil, mengharapkan dapat mengakomodir kepentingan masyarakat yang paling prioritas yang diselaraskan dengan rencana pembangunan yang  ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, sehingga cita-cita mulia pembangunan dalam upaya mensejahterakan masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti dapat tercapai.

Selanjutnya dalam forum tersebut, Bupati memaparkan  kondisi real Meranti saat ini, angka kemiskinan Kabupaten Kepulauan Meranti berkisar 25,28 persen dan menjadi daerah termiskin di Provinsi Riau. Tingkat rata-rata lama sekolah masyarakat Meranti masih rendah hanya sampai Kelas 1 SMP. Selanjutnya, angka pertumbuhan ekonomi juga relatif masih rendah, hanya berkisar di angka 1,15%. Tingkat pengangguran terbuka masih cukup tinggi dan di atas rata-rata Provinsi Riau, yaitu di angka 7,94%. 
Kondisi itu mempengaruhi menurunnya daya beli masyarakat, transportasi orang dan barang yang masih mahal, Akses dan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan belum memadai, anjloknya harga-harga komoditi lokal, pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya ekonomi belum optimal, serta ancaman abrasi pantai, banjir, kebakaran hutan dan lahan. 

Baca Juga :  Ps.BOTS Adakan Rapat Penggantian Ketua

Kondisi ini menurut Bupati diperparah dengan kemampuan anggaran pendapatan dan belanja daerah yang semakin menurun. Namun begitu ia akan berupaya untuk menyelesaikan permasalahan itu dengan menjalankan Visi dan Misi yang dijabarkan dalam 7 program strategis.


Bupati Adil berjanji anggaran APBD Meranti yang saat ini berkisar 1 T akan dipergunakan sesuai dengan skala prioritas agar tidak ada lagi masyarakat Meranti yang kurang gizi, dan tidak sekolah karena tak punya biaya.

Adapun Visi dan Misi tersebut adalah “Menjadikan Kabupaten Kepulauan Meranti Maju, Cerdas, dan Bermartabat di Provinsi Riau Indonesia” 

Kemudian sesuai dengan 7 program strategis yang ingin dicapai, khususnya dibidang pembangunan infrastuktur penghubung Bupati H.M Adil berjanji akan menuntaskan pembangunan jalan penghubung Sungai Tohor Barat-Kepau Baru sepanjang 6 KM dan Tanjung Sari-Teluk Buntal ditahun 2022 mendatang.

“Sudah waktunya masyarakat Tebing Tinggi Timur merdeka, Tahun 2022 kita akan tuntaskan pembangunan Jalan penghubung Lukun-Tj. Gadai,” ujarnya.

Kemudian, bidang pemertaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, dihadapan para Kades dan tokoh masyarakat, Bupati H.M Adil, akan mengupayakan tiap Desa memiliki lulusan Sarjana S1 50 orang, 5 orang S2 dan Lulusan Dokter.

“Untuk mewujudkannya kita akan menganggarkan dana 12.5 Miliar/Tahun, jika jumlah sarjana banyak, akan meningkatkan kualitas SDM daerah yang akan mendorong terwujudnya Smart City,” jelas Bupati.

Selain itu dalam mewujudkan Smart City, Bupati H.M Adil juga akan menjalankan pelayanan berbasis IT yang terintegrasi, untuk itu ia berharap seluruh Aparatur Pemerintah harus menguasai IT. 

“Dengan IT semua dapat dilakukan dengan cepat dan efisien, jika tidak kita kuasai maka akan ketinggalan,” ucapnya.

Program strategis selanjutnya adalah dengan mencetak ribuan usahawan baru melalui program ternak Sapi, Kambing dan Ayam. Selain itu juga akan melatih pemuda-pemudi Meranti di BLK agar memiliki keahlian dan mampu mendirikan UMKM dalam upaya menekan angka pengangguran.

Baca Juga :  Gagak Hitam Meranti, Bagi-bagi Masker di Setiap TPU

Bupati H.M Adil mengaku bukan hanya akan membantu Beasiswa untuk pendidikan S1 dan S2, tapi juga akan membantu menyediakan baju dan peralatan belajar bagi anak-anak warga kurang  mampu. 

“Dengan begitu saat musim penerimaan murid baru Bapak/Ibu tidak perlu lagi mikirkan baju dan peralatan sekolah, kita akan bantu,” ucap Bupati.

Sementara dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, Bupati Adil akan mengupayakan pembangunan gedung baru RSUD Meranti dengan kapasitas 100 kamar, hal ini dilakukan agar setiap warga Meranti yang sakit dan butuh layanan rawat inap dapat tertampung. 

“Dengan begitu orang Meranti tidak perlu lagi berobat keluar, disamping menyediakan fasilitas kesehatan kita akan menerapkan konsep ketuk pintu layani dengan hati,”jelasnya lagi.

Selanjutnya untuk mewujudkan Visi dan Misi serta program strategis tersebut, diakui Bupati pemerintah daerah tidak mampu bekerja sendiri. Agar berhasip dibutuhkan kolaborasi dan dukungan semua pihak, agar proses pembangunan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan terlaksana sesuai target yang diinginkan. 

“Kita mohon juga dukungan dari Legislatif dan juga masyarakat demi suksesnya agenda pembangunan yang sudah direncanakan,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu juga disampaikan Pokok-Pokok Fikiran DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti yang dipaparkan oleh Legislator Pandumaan Siregar dan H. Hatta. Seperti dibidang peningkatan Infrastukur dasar sesuai dengan Visi dan Misi Bupati dalam upaya mempermudah aksesbilitas.

Pandumaan mengusulkan kepada Bupati untuk penuntasan pembangunan Infrastruktur jalan Sungai Tohor Barat-Kepau Baru sepanjang 6 KM lebih, Tj. Sari-Teluk Buntal.

“Kita berharap pembangunan jalan ini menjadi skala prioritas di Kec. Tebing Tinggi Timur,”ujar Pandumaan.

Selain jalan Anggota DPRD Meranti Dapil 2 tersebut jug mengusulkan penuntasan Jaringan Listrik untuk meningkatkan Elektrifkasi di Kecamatan 3 T, Pembangunan Gedung Sekolah SDN 07 di Desa Nerlang yang dinilai sudah sangat memprihatinkan, dan yang tak kalah penting adalah penyediaan air bersih melalui Program Pamsimas, serta Penanggulangan Karlahut.

Baca Juga :  Wabup Ikuti Rapat Paripurna Pandangan Fraksi Terhadap Nota Keuangan R-APBD Tahun 2019, Dewan Berikan Apresiasi Pada Pemda

Legislator Meranti H. Hatta berjanji siap mendukung program-program yang akan dijalankan oleh Bupati dan Wakil Bupati dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami dari DPRD akan mensuport penuh Visi dan Misi Bupati-Wakil Bupati dalam menggesa pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” ucap H. Hatta.

H. Khalid Ali dalam penyampaian pokok fikiran dewan mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersatu padu dalam mendukung semua program yang akan dijalankan oleh Bupati dan Wakil Bupati Meranti yang baru. Dengan meninggalkan segala perbedaan yang seat terjadi disaat Pilkada lalu.

Sekedar informasi Camat Tebing Tinggi Timur Wan Fahriarmi juga berkesempatan menyampaikan berbagai program prioritas RKPD Kecamatan yang diselaraskan dengan Visi dan Misi Bupati, iapun berharap usulan program ini dapat terealisasi dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Adapun Prioritas Kecamatan Tebing Tinggi Timur meliputi : 

1. Pembangunan Pustaka Kecamatan.

2. Pembangunan Rumah Dinas Camat.

3. Jalan Menuju Pelabuhan Kecamatan

4. Pembangunan Turap Pelabuhan Kecamatan.

5. Jaringan Wifi.

6. Pembangunan Gedung Sekolah SDN 07 Desa Nerlang. 

Sekedar informasi, selain membuka dan mengikuti kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Bupati H.M Adil, juga berkesempatan meninjau Centra Sagu Sungai Tohor dan mengunjungi Pondok Pesantren Baburrohmah Binaan Kiyai Syaifullah. Dalam kunjungannya di Pesantren Baburrohmah Bupati H.M Adil berjanji akan mengupayakan pembangunan Masjid dan ruang kelas Pesantren yang dapat dipergunakan sebagai tempat ibadah dan belajar para santri.(A03/AH.01)

Editor     : Agus Salim Hs
Sumber : TPC
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: