Kepulauan Meranti

Imigrasi Kelas ll Selatpanjang Bentuk Dua TIMPORA Tingkat Kecamatan TA 2019 Kecamatan Tebing Tinggi Dan Kecamatan Tebing Tinggi Barat

Imigrasi Kelas ll Selatpanjang Bentuk Dua TIMPORA Tingkat Kecamatan TA 2019 Kecamatan Tebing Tinggi Dan Kecamatan Tebing Tinggi Barat
Foto : metroterkini.com

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Dalam rangka penegakan Hukum dibidang keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas ll TP1 Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti,langsung Melakukan Rapat Pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) tingkat Kecamatan yaitu Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecamatan Tebing Tinggi Barat yang merupakan Wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas ll TP1 Selatpanjang.

Kegiatan yang dilakukan langsung di Ruang Rapat Kantor Imigrasi Kelas ll TP1 Selatpanjang,Selasa 19 Maret 2019 pada pukul 09:00 Wib Sampai dengan selesai,terselenggaranya rapat tersebut bukan tanpa dasar hukum yang terlibat,melainkan adanya dasar hukum yang terlampir dalam rapat pembentukan TIMPORA tersebut.


Dasar Hukum yang mengatur tentang Pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) tingkat Pusat sampai dengan tingkat Kecamatan diatur dalam
1. Pasal 69 Undang – undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian,
2. Pasal 196 Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2013 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang – undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian,
3. Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2016 Tentang Tim Pengawasan Orang Asing.

Baca Juga :  75 Ribu Bibit Ikan akan Dibudidaya Bumdes di Desa Baran Melintang

Pada Rapat Pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) tersebut turut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau,Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Riau,Camat Tebing Tinggi,Kapolsek Tebing Tinggi,Komando Rayon Militer/Babinsa TNI,Lurah Selatpanjang Kota,Kepala Desa Banglas,Camat Tebing Tinggi Barat,Kapolsek Tebing Tinggi Barat,Kepala Desa Alai dan Kepala Desa Tanjung.


Pelaksanaan Kegiatan Rapat tersebut langsung dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas ll TP1 Selatpanjang, dan langsung dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM Riau.

Baca Juga :  Terlibat Korupsi, 9 ASN di Meranti di PTDH

Tidak sampai di situ dalam acara tersebut Kepala Divisi Imigrasi Kantor Kementerian Hukum dan HAM Riau Bapak Mas Agus Santoso,S.Sos,MSi yang juga sebagai Narasumber turut menyampaikan maksud dan tujuan dari pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing(TIMPORA).

tujuan pembentukan TIMPORA tersebut adalah untuk mewujudkan pengawasan Keimigrasian yang terkoodinasi dan menyeluruh terhadap keberadaan serta kegiatan orang asing diwilayah kerja Kantor imigrasi Kelas ll TP1 Selatpanjang.

“tujuan terbentuknya TIMPORA ini bermaksud untuk pengawasan keimigrasian yang terkoodinasi dan menyeluruh terhadap keberadaan,serta kegiatan orang asing di wilayah Kantor Imigrasi Kelas ll TP1 Selatpanjang ini”jelas Mas Agus Santoso,S.Sos,M.Si.

Baca Juga :  Sambut HUT RI Ke -72,Kelurahan Selatpanjang Kota Siap Ikuti Lomba Kebersihan dan Keindahan se Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti

Disamping itu Kepala Kantor Imigrasi Kelas ll TP1 Selatpanjang Maryana,S.sos juga menjelaskan bahwa TIMPORA berfungsi dan bertugas untuk saling bertukar Informasi tentang keberadaan dan kegiatan Orang Asing serta juga bisa mengadakan Operasi Gabungan.

“TIMPORA juga bisa berfungsi saling bertukar informasi tentang kegiatan Orang Asing dan juga bisa melakukan Operasi gabungan”Tambah Maryana,S.Sos Kepala Kantor Imigrasi Kelas ll TP1 Selatpanjang.(A03/09)

Edi Saputra


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: