Kepulauan Meranti

H. Adil Kungker ke Rangsang Barat, Tinjau Budidaya Kerambah Kakap Putih

H. Adil Kungker ke Rangsang Barat, Tinjau Budidaya Kerambah Kakap Putih
H. Adil Kungker ke Rangsang Barat, Tinjau Budidaya Kerambah Kakap Putih

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH, melakukan Kunjungan Kerja di Kecamatan Rangsang Barat, dalam kegiatab itu Bupati berksempatan meninjau Budidaya Ikan Kerambah milik warga dan melihat kondisi jalan penghubung antar Kecamatan, Sabtu (6/3/2021).

Seperti diketahui, Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti H.M Adil SH-H. Asmar, dalam Visi dan Misinya berkomitmen mewujudkan Meranti Maju, Cerdas dan Bertabat di Provinsi Riau, Indonesia.


Dantara program prioritas yang ingin dijalankan dalam mewujudkan Visi dan Misi itu adalah dengan mencibtakan ribuan usahawan dengan mencibtakan ribuan peternak dan Nelayan baik tangkap maupun budidaya. Untuk itu dalam setiap kunjungannya Bupati mengintruksikan kepada Camat dan Kades ikut mensukseskan program tersebut melalui pemberian bantuan dan pembinaan kepada warga. Seperti yang dilakukan saat ini dengan mengunjungi lokasi Budidaya Kerambah Ikan Kakap Putih milik Rauf warga Desa Bantar Kecamatan Rangsang Pesisir salah satu Koperasi Nelayan binaan Dinas Perikanan Kep. Meranti.

Baca Juga :  Tidak Terima Pekerjaannya Dibilang Asal Jadi,Jhon Akui Sudah Sesuai RAB

Seperti dijelaskan Kadis Perikanan Eldi Saputra, Budidaya Ikan Kerambah Kakap Putih milik Rauf tergabung dalam Koperasi Nelayan Samudra Jaya Bersama binaan dari Dinas Perikanan Kep. Meranti. Dalam budidaya Kakap Putih koperasi ini dikatakan Kadis Perikanan telah menerapkap sistem Pendederan Canggih Pola Segmentasi yakni pembesaran Bibit Kakap Putih berukuran 1-2 CM. 

Melalui pola pendederan ini ribuan bibit Kakap Putih yang sebelumnya berujuran 1-2 CM akan dibesarkan selama 2 bulan atau hingga berukuran 7 CM. Setelah mencapai ukuran 7 CM barulah dijual atau masuk kerambah pembesaran.


“Koperasi Samudra Jaya Bersama salah satu penyedia Kakap Putih ukuran 7 CM di Kepulauan Meranti, selain untuk dijual koperasi ini juga memebesarkan sampai siap panen,” jelas Eldi.

Baca Juga :  Tujuan Mutasi 15 Pekerja PT.NSP Selatpanjang Diduga Kurang Mendasar dan Perlu Dipertanyakan

Kemudian melihat keberhasilan pengembangan Kakap Putih tersebut, dalam Diskusinya bersama pemilik kerambah Rauf, Bupati H.M Adil menyampaikan akan memberikan bantuan untuk pengembangan Budaya Kerambah Ikan Kakap Putih ini. Agar semakin berkembang dan dapat ditiru oleh kelompok nelayan lainnya.

Selanjutnya untuk merealisasikan program strategis dibidang pembangunan Infrastruktur Dasar dengan membangun jalan penghubung dari Desa, Kecamatan hingga Kabupaten. Bupati Adil dan rombongan juga berkesempatan melihat jalan rusak di Desa Mekar Baru-Desa Sendaur setibanya dilokasi Bupati memerintahkan Dinas PU untuk segera memperbaiki untuk memperlancar aksesbilitas orang dan barang.

Baca Juga :  At Taufiek Gelar Reses di Rangsang, Masyarakat Minta Stabilkan Harga Comodity Pangan

“Saya minta kepada Dinas PU Bina Marga untuk segera memperbaiki agar aksesbilitas semakin lancar,” Pungkasnya.(A03/AH.01)

Editor     : Agus Salim Hs
Sumber : TPC
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: