Kepulauan Meranti

Gunakan Anggaran DAK Rp. 7.711.268.449,26, Bupati Meranti Resmikan Puskesmas Anak Setatah

Gunakan Anggaran DAK Rp. 7.711.268.449,26, Bupati Meranti Resmikan Puskesmas Anak Setatah
Gunakan Anggaran DAK Rp. 7.711.268.449,26, Bupati Meranti Resmikan Puskesmas Anak Setatah

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan Nasir didampingi sejumlah pejabat meresmikan Puskesmas Anak Setatah, Kecamatan Rangsang Barat, Senin (8/2/2021).

Puskesmas yang dibangun dengan menggunakan anggaran DAK Afirmasi tahun 2020 senilai Rp 7.711.268.449,26 itu terlihat sangat megah dan lengkap dengan berbagai peralatan penunjang medis.


Peresmian Puskesmas tersebut ditandai dengan pelepasan balon ke udara, pemotongan tumpeng, penandatanganan prasasti dan dilanjutkan dengan pemotongan pita. Selain itu juga dilakukan pencanangan vaksinasi Covid-19.

Bupati Irwan M.Si dalam sambutannya mengatakan Puskesmas Anak Setatah termasuk wilayah kerja yang istimewa, dimana saat ini pembangunannya sudah memasuki empat tahap dengan penganggaran yang berbeda.

“Sebagaimana yang disampaikan bahwa Puskesmas Anak Setatah ini merupakan pembangunan tahap keempat. Pembangunan pertama pada zaman Bengkalis, kemudian pada tahun 2012 dilakukan pembangunan melalui APBD kabupaten Kepulauan Meranti kemudian tahun 2015 itu dibantu dari APBD provinsi dan pada tahun 2020 dibangun dengan dana DAK,” kata Irwan.


Dikatakan Irwan pihaknya sangat merasakan perhatian lebih dari pusat terhadap bidang kesehatan. Selain usulan yang diterima, Pemkab Kepulauan Meranti juga mendapatkan porsi yang lebih.

“Kita sangat bersyukur bahwa untuk bidang kesehatan perhatian dari pusat kepada kami cukup luar biasa, karena usulan yang sering diterima dan dengan porsi yang lebih. Misalkan kita hanya mengusulkan dua pembangunan, malah mendapatkan tiga dan itu setiap tahun diajukan. Hal itu dimungkinkan karena kontraktor yang kita tunjuk bisa bekerja tepat waktu dan setiap tahun bisa kita bangun dengan hasil yang cukup menggembirakan,” pungkasnya.

Baca Juga :  Jelang HUT Meranti Ke-9, MPC PP Meranti Gelar Yasinan Dan Do'a Bersama

Ditambahkan Irwan, Kepulauan Meranti pada tahun 2021 ini kembali mendapatkan alokasi untuk penambahan pembangunan Puskesmas di Sungai Tohor yang dalam waktu dekat ini segera akan dilakukan proses pelelangan.

“Dengan selesainya pembangunan ini, maka di seluruh kecamatan di Kepulauan Meranti sudah memiliki Puskesmas dengan fasilitas yang memadai dan sangat layak, dan beberapa diantaranya, saya mengharapkan bisa naik status dari Puskesmas bisa menjadi rumah sakit Pratama dan tentunya di tunjang dengan tenaga dokter, mengingat Meranti ini merupakan daerah kepulauan yang aksesnya sulit masih banyak daerah terisolir, selain itu bisa meningkatkan kesehatan masyarakat, dalam rangka menekan angka kematian,” pungkasnya lagi.

Irwan Nasir menceritakan sejak awal dirinya menjabat sebagai Bupati. bagaimana kasus kematian ibu hamil sangat banyak terjadi. Hal itu karenakan tidak tertangani dengan cepat yang diakibatkan terbatasnya fasilitas kesehatan, akses jalan dan minimnya tenaga kesehatan.

Baca Juga :  Wujudkan Keluarga Sehat, Sejahtera Dan Berkualitas, Wabup Meranti Minta Kerjasama SKPD, TNI Dan Organisasi Lainnya

“Pada awal saya jadi Bupati kalau saya boleh cerita banyak kasus ibu-ibu yang mau melahirkan itu meninggal di tengah jalan karena waktu itu Puskesmas kita sangat sederhana dan jalan pun sangat parah dimana pada waktu itu Ambulance belum ada. Jadi saya beberapa kali menyaksikan bagaimana ibu-ibu yang sudah saatnya melahirkan tetapi bermasalah, itu harus dimasukkan ke dalam gerobak yang ditarik pakai sepeda motor untuk dibawa ke Selatpanjang dan dirujuk ke RSUD, yang waktu itu juga belum memadai peralatan dan dokternya, sehingga lebih banyak yang meninggal dibandingkan dengan yang bisa dibantu secara Cesar,” ujarnya.

“Karena di awal pemekaran kabupaten ini kita melakukan kerjasama dengan rumah sakit Karimun dan Bengkalis, dimana hampir 80 persen yang sakit dirujuk. Dimana waktu itu kita menanggung biaya pengobatan melalui dana Jamkesda. Namun dengan berkembangnya waktu di rumah sakit sekarang peralatannya sudah cukup baik didukung oleh tenaga spesialis yang cukup banyak hari ini, sehingga kasus-kasus rujukan itu menurun dan itu semua berkat semakin meningkatnya fasilitas Puskesmas di setiap kecamatan dan tentunya berkat kerjasama yang baik dengan semua stakeholder baik itu pemerintah Kecamatan pemerintah desa dan tokoh-tokoh masyarakat,” ujarnya lagi.

Baca Juga :  Penuhi Kebutuhan Bibit Ikan Berkualitas, Bupati H Irwan Resmikan Balai Benih Ikan Desa Gogok

Untuk lebih meningkatkan pelayanan di Puskesmas tersebut, Bupati menitipkan kepada ketua DPRD untuk segera mengalokasikan anggaran untuk perbaikan jalan menuju Puskesmas agar masyarakat dengan mudah bisa mengakses jalan tersebut tanpa adanya kendala.

“Saya titip sama ketua DPRD
jalan menuju ke Puskesmas ini agar bisa segera ditingkatkan dan kalau bisa tahun ini melalui dana swakelola itu akan baik sekali sehingga masyarakat yang berobat ataupun yang mengakses Puskesmas ini dengan ambulance tidak menemui kendala lagi karena saya yakin harga sebuah nyawa manusia itu sangat tinggi nilainya. Di negara maju itu jangankan orang, menyelamatkan kucing atau anjing saja itu pemerintahannya bisa menurunkan helikopter, kita belum sampai kesana tapi paling tidak kita harus sudah melakukan langkah-langkah cepat upaya nyata untuk bagaimana meningkatkan kesehatan dan menyelamatkan nyawa manusia di daerah kerja kita masing-masing. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini akan dicatat sebagai amal ibadah,” tutupnya.(A03/AH.01)

Editor     : Agus Salim Hs
Sumber : TPC
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: