Pekanbaru

DPW MOI Riau Menggelar Bimtek UKW

DPW MOI Riau Menggelar Bimtek UKW
Direktur Utama Lembaga Pendidikan Wartawan Pekanbaru Center (PJC) Drs.Wahyudi El Panggabean,MH (Tengah),Ketua DPW MOI Riau,Anotona Nazara,SE (Kiri), Narasumber bidang hukum,Asmanidar,SH (Kanan). Foto : Edi Saputra/tiraipesisir.com

PEKANBARU,TIRAIPESISIR.COM-Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Media Online Indonesia (MOI) Provinsi Riau menggelar kegiatan Pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) Uji Kompetensi Wartawan (UKW), bertempat di Hotel Dafam Pekanbaru, Rabu (31/07/2019).

Ketua DPW MOI Riau, Anotona Nazara,SE, dalam sambutannya yang sekaligus membuka Bimtek menyebutkan, kegiatan MOI Riau ini merupakan salah satu amanah Munas DPP MOI Pusat tahun 2018 lalu.


Foto : Edi Saputra/tiraipesisir.com

“Ini amanah Munas, dalam menghadapi tantangan era global dan regulasi Dewan Pers saat ini, tidak ada alasan lain. Sementara kesuksesan media siber tidak terlepas karena SDM wartawannya yang memadai,” kata Nazara.

Dikatakannya, DPW MOI Riau pasca dilantik ada dua kegiatan penting telah dilaksanakan di Pekanbaru. “Ada dua, yaitu pelantikan DPC MOI se-Provinsi Riau dan kegiatan Bimtek,” jelas Nazara.

Foto : Edi Saputra/tiraipesisir.com

Lebih lanjut ditekankannya, kegiatan Bintek ini sebagai persiapan awal pengurus MOI se-Provinsi Riau dan pengurus serta anggota DPC MOI se-Provinsi Riau dalam rangka menghadapi UKW yang akan dilaksanakan pada bulan Nopember 2019 mendatang.


“Kegiatan hari ini sebagai titik awal menghadapi UKW, yang rencananya akan kita gelar di Kabupaten Kepulauan Meranti, pada bulan Nopember 2019 mendatang, mohon do’anya,” harapnya, disambut hadirin dengan tepuk tangan yang meriah.

Foto : Edi Saputra/tiraipesisir.com

Diakhir sambutannya, Nazara meminta kepada seluruh pengurus dan peserta agar mengikuti Bimtek dengan seksama.

Baca Juga :  Polda Riau Tangkap 5 Pelaku Jaringan Illegal Taping Antar Provinsi, Rugikan Negara 2,4 Miliar Rupiah

“Selemat mengikuti pelatihan ini, semoga bermanfaat bagi semua peserta,” kata Nazara seraya mengetuk palu pertanda Bimtek resmi dibuka.

Pada Bimtek UKW DPW MOI Riau menghadirkan dua narasumber dari Direktur Utama Lembaga Pendidikan Wartawan Pekanbaru Center (PJC) oleh Drs.Wahyudi El Panggabean,MH, pada sesi pertama dengan materi antara lain : Pengenalan Dunia Jurnalistik dan Sikap Wartawan, Menulis Berita.

Kemudian pada sesi kedua, yaitu : Rubrikasi dan Teknik Peliputan, Rapat Proyeksi dan Menulis Tajuk. Selanjutnya, pada sesi ketiga narasumber oleh Asmanidar,SH dengan materi yaitu : Menghindari Delik Pers dan UU ITE.

Baca Juga :  Musnahkan Barang Bukti Dikantor LAM, Kapolda Riau Ajak Semua Pihak Berantas Narkoba

Pada Laporan panitia yang disampaikan oleh Amponiman Batee yang juga sekretaris DPW MOI Riau melaporkan, terlaksananya Bimtek ini tidak lepas atas kerjasama yang baik. “Terima kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi hingga terselenggaranya kegiatan ini, khususnya kepada pihak swasta. Juga kepada pengurus, peserta Bimtek, dan para undangan kami, tiada balasan kiranya bapak/ibu/sdr/i sukses dalam segala hal,” kata Poniman Ceo Riausidik.com itu.

Ditambahkannya, demikian halnya kepada narasumber yang telah bersedia menjadi bagian narasumber hari ini. ”Kepada kakanda Wahyudi dan ibu Asmanidar, terima kasih, semoga kerjasama ini berkesinambungan dimasa yang akan datang,” tutur Poniman.

Baca Juga :  Dilantik Jadi Ketua MOI Riau, Anotona Ajak Melawan Hoax

Pada sambutan penutup yang dipercayakan kepada Zainuddin,HS,S.Ag, selaku Wakil Ketua DPW MOI Riau menyampaikan, terima kasih kepada seluruh peserta Bimtek dan para undangan yang hadir.

“Saya melihat dari awal hingga dipenghujung acara seluruh peserta antusiasnya begitu tinggi, ditambah lagi dengan tutornya yang mumpuni (Drs.El Wahyudi Panggabean,MH), pentolannya peserta termehek-mehek,” puji Zainuddin, disambangi dengan tepuk tangan para peserta.

Untuk itu sebagai kata penutup, harapan kami kata Pimpinan Umum Portal Media Online tiraipesisir.com itu, semoga Bimtek ini membawa dampak yang baik bagi bapak/ibu/sdr/i, dan sebagai bekal dalam menghadapi UKW nantinya.

”Pembekalan dan pelatihan ini hendaknya dapat juga diaktualisasikan dalam pekerjaan sebagai jurnalistik. Atas segala silaf dan kekurangan dalam pelaksanaan Bimtek ini kami sampaikan permohonan maaf, yang tentunya akan menjadi evaluasi kedepan bagi DPW MOI Riau,” tutup Zainuddin. (Edi Saputra/A03/09)


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: