Kepulauan Meranti

Dinas PMD Laksanakan Bimtek Pemantapan SISKEUDES,Se Kabupaten Kepulauan Meranti

Dinas PMD Laksanakan Bimtek Pemantapan SISKEUDES,Se Kabupaten Kepulauan Meranti
98 peserta Bimtek SISKEUDES,terdiri dari Bendahara Desa/Kaur Keuangan Desa se Kabupaten Kepulauan Meranti saat mendengarkan bimbingan dan pemantapan yang disampaikan oleh Nara Sumber. (Foto : red/tiraipesisir.com)

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Pengembangan Aplikasi Sistem Desa telah dipersiapkan sejak awal dalam rangka mengantisipasi penerapan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Persiapan ini selaras dengan adanya perhatian yang lebih dari Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat RI maupun Komisi Pemberantasan Korupsi. Launching aplikasi yang telah dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2015 merupakan jawaban atas pertanyaan pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi XI tanggal 30 Maret 2015,yang menanyakan kepastian waktu penyelesaian aplikasi yang dibangun oleh BPKP,serta memenuhi rekomendasi KPK-RI untuk menyusun sistem keuangan desa bersama dengan Kementerian Dalam Negeri.

Aplikasi tata kelola keuangan desa ini pada awalnya dikembangkan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat sebagai proyek percontohan di lingkungan BPKP pada bulan Mei 2015. Aplikasi ini telah diimplementasikan secara perdana di Pemerintah Kabupaten Mamasa pada bulan Juni 2015. Keberhasilan atas pengembangan aplikasi ini selanjutnya diserahkan kepada Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaran Keuangan Daerah setelah melewati tahapan Quality Assurance (QA) oleh Tim yang telah ditunjuk.


Terhitung mulai tanggal 13 Juli 2015 pengembangan aplikasi keuangan desa ini telah diambil alih penanganan sepenuhnya oleh Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP Pusat di Jakarta.Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) merupakan aplikasi yang dikembangkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa.Fitur-fitur yang ada dalam Aplikasi Pengelolaan Keuangan Desa dibuat sederhana dan user friendly,sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi SISKEUDES.

Baca Juga :  Bupati Meranti Silahturahmi Bersama Keluarga Besar SMKN I Selatpanjang, Sempena Peringatan Hari Guru Ke-73 Tahun 2018

Untuk meimplementasikan,dan pemantapan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) tentang pengelolaan keuangan desa dengan sistem aplikasi SISKEUDES. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kepulauan Meranti melaksanakan kegiatan,Bimbingan teknis (Bimtek) kepada para Bendahara Desa/Kaur Keuangan Desa se Kabupaten Meranti,Jumat (10/08/2018) di Aula Hotel Aka Meranti Jalan Terubuk No.49 Selatpanjang Kota.

Panitia Pelaksana,Kasi PMD Kabupaten Kepulauan Meranti,Padil Alman Paluti,S.STP kepada Media ini menuturkan,kegiatan pelaksanakan Bimtek Aplikasi SISKEUDES dilaksanakan dengan maksud dan tujuan,agar para Bendahara Desa/Kaur Desa dapat meimplementasikan tentang menyusun keuangan desa sistem Aplikasi SISKEUDES.


“Maksud dan tujuan,kegiatan Bintek Aplikasi SISKEUDES ini kita laksanakan,agar para Bendahara Desa/Kaur Desa dapat meimplementasikan tentang tata cara menyusun keuangan desa sistem Aplikasi SISKEUDES,yang diikuti sejumlah 98 pesrta dari masing-masing Desa se Kabupaten Kepulauan Meranti,”kata Padil menjelaskan.

Baca Juga :  Komisi III DPRD Meranti Tinjau SD Negeri 07 Desa Mantiasa

Menurut Padil,agar pemantapan kegiatan Bintek Aplikasi SISKEUDES dapat diterapkan sesuai rencana kegiatan,dilaksanakan selama dua hari,tanggal 10 sampai dengan tanggal 12/08/2018, dengan nara sumber,Sapuan Hidayat,S.IP dari Kasubag Keuangan BPKD Kabupaten Kepulauan Meranti,Darwis,S.IP,MM,Kabid Pemdes Kabupaten Kepuluan Meranti,dan Robersyahputra, S.IP,M.Si.

“Anggaran pelaksanaan kegiatan ini dialokasikan,dari Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas PMD Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Anggaran (TA) 2018 yang merupakan kegiatan Dinas PMD Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2018,”tandas Padil. (red)


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: