Kepulauan Meranti

Dinas Lingkungan Hidup Meranti Gelar Sosialisasi Terkait Pengelolaan Sampah

Dinas Lingkungan Hidup Meranti Gelar Sosialisasi Terkait Pengelolaan Sampah

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepulauan Meranti gelar Sosialisasi Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Persampahan di Ballroom Indo Baru Hotel Jalan Diponegoro, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti. Selasa (23/07/19).

Kegiatan ini dilaksanakan melalui Bidang Kebersihan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan (BKPKL) Kabupaten Kepulauan Meranti.


Dalam sambutannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepulauan Meranti Drs.Hendra Putra,SH menjelaskan bahwa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sangat berkurang sedangkan kebersihan lingkungan sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

“Sekarang kepedulian masyarakat kita tentang kebersihan lingkungan sangat berkurang karena dengan adanya petugas kebersihan yang di sediakan Pemerintah setempat. Seharusnya masyarakat ikut serta membantu dalam membersihkan lingkungan”.jelasnya.

Baca Juga :  Wabup Said Hasyim Nahkodai IPHI Meranti Masa Bakti 2018-2023

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Said Hasim menegaskan bahwa kegiatan ini seharusnya dilaksanakan di lapangan terbuka supaya masyarakat bisa mengerti pentingnya kebersihan lingkungan dan kita bisa mendengar secara langsung keluhan masyarakat terkait sampah.


“Seharusnya kita melakukan sosialisasi ini di tengah-tengah masyarakat, supaya kita dapat mendengar keluhan dari masyarakat terkait sampah. Kalau kita ingin mendengar keluhan masyarakat terkait sampah bukan di sini (Ballroom Indo Baru Hotel), tapi di tengah-tengah keramaian masyarakat seperti di lapangan terbuka dan kita undang masyarakat supaya bisa mengerti pentingnya kebersihan lingkungan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Bawaslu Kepulauan Meranti Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif, Masyarakat Diminta Cerdas Menerima Informasi

Setelah itu, Drs.H.Said Hasyim juga mengatakan kepada seluruh peserta yang hadir supaya berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan terhadap lingkungan.

“Kita harus meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya.
Setiap pagi kita harus membuang sampah dan setidaknya kita membuang sampah tiga kali dalam sehari, permasalahan sampah ini adalah bahagian dari kehidupan kita sehari-hari,” tambahnya

Tidak hanya itu, Said Hasyim juga membandingkan keberhasilan Negara kita dengan negara lain.

Baca Juga :  Jadi Irup Penurunan Bendera HUT RI Ke-75, Kapolsek Rangsang Barat Rela Kehujanan

“Pengen bersih seperti jepang, orang Jepang melihat sampah langsung membuang sampah itu sendiri kalau orang Indonesia melihat sampah minta buang dengan Dinas. Kalau kesadaran dari masyarakat itu tidak ada, jangan harap negara kita bersih seperti negara jepang”.pungkasnya.(A03/09).

Edi Saputra


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: