Internasional

DIAMBANG PERANG DUNIA : Dibantu AS, Korsel dan Jepang Siapkan Pertahanan Hadapi Rudal Korea Utara

DIAMBANG PERANG DUNIA : Dibantu AS, Korsel dan Jepang Siapkan Pertahanan Hadapi Rudal Korea Utara
Rudal balistik Hwasong-15 terlihat di parade militer Korea Utara. * /KCNA-Yonhap

TIRAIPESISIR.COM – Diplomat top China Wang mengunjungi Korea Selatan dan Jepang saat dua sekutu AS bersiap untuk perubahan di bawah pemerintahan AS yang baru.

Korea Selatan dan China telah sepakat untuk bekerja sama dalam pembicaraan yang macet tentang program nuklir Korea Utara dan untuk mempersiapkan kunjungan ke Seoul oleh Presiden China Xi Jinping, setelah pembicaraan tingkat tinggi.


Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bertemu dengan diplomat top China, Wang Yi, Kamis malam, dan menyatakan “terima kasih” kepada Beijing atas “peran dan kerja sama yang konstruktif” dalam proses perdamaian Korea, menurut kantor berita Yonhap.

“Pemerintah kami tidak akan menghentikan upaya untuk mengakhiri (secara resmi) perang di Semenanjung Korea dan mencapai denuklirisasi lengkap dan perdamaian permanen bersama dengan komunitas internasional, termasuk China,” kata Moon seperti dikutip Wang selama pertemuan mereka.

Baca Juga :  Sat Sabhara Polres Tanjungpinang Bantu Evakuasi Korban Banjir

Menanggapi hal tersebut, Wang mengatakan bahwa menyelesaikan masalah Semenanjung Korea harus dilakukan melalui dialog, menurut kantor berita Xinhua.


Dia mengatakan pencapaian denuklirisasi di semenanjung dapat dicapai dengan cara “bertahap dan sinkron” untuk mencegah “perang dan kekacauan”.

Wang tiba di ibu kota Korea Selatan pada Rabu malam, setelah kunjungan dua hari ke Jepang, ketika pemerintah Asia bersiap untuk kemungkinan perubahan dalam kebijakan Amerika Serikat di bawah pemerintahan Biden yang akan datang.

Baik Korea Selatan dan Jepang adalah sekutu AS dan tuan rumah pangkalan militer Amerika.

Menemukan Kesamaan

Sebelumnya pada hari Kamis, Wang juga mengadakan pembicaraan dengan mitranya dari Korea Selatan, Kang Kyung-wha, di mana mereka membahas kunjungan Xi, yang telah ditunda karena pandemi virus corona.

Baca Juga :  Pria Paruh Baya Meninggal di Kamar Hotel Setelah Minum Obat Kuat

“Kedua belah pihak sepakat untuk berkomunikasi secara aktif sehingga situasi COVID-19 stabil dan kondisi diciptakan untuk kunjungan Presiden Xi,” kata kementerian luar negeri Korea Selatan dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan Wang dengan Kang.

China dan Korea Selatan secara tradisional saling curiga, tetapi dalam beberapa tahun terakhir telah menemukan kesamaan dalam kerja sama ekonomi dan keprihatinan bersama tentang kesibukan Korea Utara untuk mengembangkan senjata nuklir.

Wang mengatakan kunjungannya adalah untuk menyoroti pentingnya upaya para “mitra strategis” untuk bekerja mempromosikan perdamaian dan stabilitas.

“Krisis COVID-19 tidak dapat mengalahkan warga kedua negara kami,” Wang, berbicara melalui seorang penerjemah, berkata saat pertemuannya dengan Kang dimulai.

“Hubungan bilateral menunjukkan kekuatan mereka dan semakin kuat.”

Baca Juga :  Turut Belasungkawa : Orang Tua Ketua FOR-WIN Labuhanbatu Meninggal Dunia,Plt.Kadis Kominfo Kunjungi Rumah Duka

Presiden AS yang akan keluar Donald Trump meningkatkan harapan akan kemajuan dalam menekan Korea Utara untuk menghentikan program senjatanya dengan imbalan pencabutan sanksi, tetapi pembicaraan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sejak itu terhenti.

Kang juga dilaporkan mengangkat masalah pemerintahan AS yang akan datang dalam pembicaraannya dengan Wang, yang menyatakan “harapan” untuk kebijakan Korea Utara, seorang pejabat Korea Selatan yang menolak disebutkan namanya mengatakan kepada wartawan.

Wang mengulangi penentangan China terhadap sistem pertahanan rudal AS yang dipasang di Korea Selatan pada 2017, kata pejabat itu.

Korea Selatan dan AS mengatakan sistem itu dirancang untuk melawan ancaman rudal Korea Utara, tetapi China khawatir itu melemahkan kepentingan keamanannya.

Sumber: Al Jazeera

Editor     : Redaksi
Sumber : Fixpekanbaru
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: