Kampar

Di Kampar, Belajar Tatap Muka Mulai Berlaku Januari 2021

Di Kampar, Belajar Tatap Muka Mulai Berlaku Januari 2021

KAMPAR, TIRAIPESISIR.COM – Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kampar (Kadisdikpora) Drs. M. Yasir, MM mengatakan seluruh kegiatan belajar tatap muka di sekolah akan berlangsung pada bulan Januari 2021.

Hal ini sesuai kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang menyatakan untuk memberlakukan belajar tatap muka pada tahun ajaran baru mendatang.


“Pada prinsipnya Kabupaten Kampar menyambut baik dan siap memberlakukan belajar tatap muka pada Januari mendatang, tetapi kebijakan tersebut harus mendapat dukungan dari berbagai pihak terutama dalam penanggulangan Covid-19,” kata Yasir, Senin (23/11/2020).

Baca Juga :  Update Corona Riau: 171 Positif, 177 Sembuh dan 5 Meninggal Dunia

Dia mengatakan terkait rencana pembelajaran tatap muka pada Januari 2021, sudah ada siaran pers kebijakan bersama melalui virtual antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes) dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Menurut Yasir, dalam kebijakan tersebut tentu ada syarat-syarat yang harus di penuhi terutama oleh satuan pendidikan yang akan melaksanakan belajar tatap muka.


“Kesiapan pihak sekolah dalam menerapkan protokol kesehatan tentu itu menjadi syarat, karena bagaimana pun jika pandemi covid-19 belum berakhir keselamatan peserta didik, guru dan orang tua serta lingkungan masyarakat tetap menjadi prioritas,” ucapnya.

Baca Juga :  Bupati Aunur Rafiq Lantik 32 Kepala Sekolah,Ini Pesannya

Disampaikan Yasir, Disdikpora Kampar tetap menunggu surat resmi dari Kemendikbud dalam penerapan belajar tatap muka pada Januari 2021 mendatang. Hal tersebut menyangkut petunjuk teknis yang nantinya akan disesuaikan dengan kondisi di daerah.

Sebelumnya, Disdikpora Kampar telah berencana untuk melakukan belajar tatap muka akibat banyaknya sejumlah kendala yang dihadapi pihak pendidik dan wali murid selama proses belajar dalam jaringan (daring).

“Tidak semua siswa punya fasilitas untuk mengikuti proses pembelajaran daring salah satu contoh terkait handphone android dan tidak semua daerah di Kampar ada jaringan internet,” katanya.

Baca Juga :  Menteri Agama Siapkan Aturan Perayaan hingga Mudik Natal

Namun, setelah berkonsultasi dengan tim gagas covid-19 dan juga Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, maka diputuskan proses belajar tatap muka di pekan ini dibatalkan.

Dirinya berharap pandemi Covid-19 segera berakhir dan mengajak semua pihak untuk mematuhi protokol kesehatan agar mempercepat pemutusan mata rantai sebaran Covid-19 di Kampar, sehingga aktivitas belajar sekolah bisa kembali normal. (A04/19)

Editor     : Dhamean Hasibuan
Sumber : TPC
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: