Kepulauan Meranti

Dengan Penerapan Prinsip Usaha Sehat,Sosialisasi SPSE Versi 4 Mulai Digelar

Dengan Penerapan Prinsip Usaha Sehat,Sosialisasi SPSE Versi 4 Mulai Digelar

Penulis : Dhs

Meranti,TiraiPesisir.com – Utamakan penerapan prinsip-prinsip persaingan usaha yang sehat, transparan, terbuka, dan adil bagi semua pihak. Bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia (LKPP-RI). Sosialisasi Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik Versi 4 mulai dilaksanakan. Bertempat diball room grand meranti hotel,jalan kartini Selatpanjang. Kamis (09/11/17).


Kegiatan yang ditaja Bagian Layanan Pengadaan (BPL) Setda Kabupaten Kepulauan Meranti itu bertujuan mempercepat pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti,tercapainya visi dan misi pengadaan yang creadible dan transparan, aplikasi SPSE Versi 4 diharapkan dapat menjamin tersedianya informasi, kesempatan usaha serta mendorong terjadinya persaingan yang sehat dan terwujudnya keadilan.

Penyelenggaraan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah secara elektronik diatur dalam peraturan presiden nomor 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah dan sebagai mana ketentuan dalam pasal 131 ayat (1) bahwa pada tahun 2012 K/L/D/I wajib melaksanakan pengadaan barang/jasa secara elektronik untuk sebagian/seluruh paket-paket pekerjaan.

Baca Juga :  Babinsa Bersama Persit Kartika Chandra Kirana 5 Bagikan Sembako Ke Warga

Proses pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik ini juga dapat lebih menjamin tersedianya informasi,kesempatan usaha serta mendorong terjadinya persaingan yang sehat dan terwujudnya keadilan (non discriminative) bagi seluruh pelaku usaha yang bergetak dibidang pengadaan barang/jasa pemerintah.


Dengan Nara Sumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia Gama Maulana Putra, Sosialisasi tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim MSi,Kepala Bagian ULP Eldi Syahputra MSi,serta seluruh peserta yang terdiri dari Kepala Bidang dan beberapa Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dilingkungan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Baca Juga :  Mutu Beton Paving Block Trotoar Peningkatan Jalan Pramuka Selatpanjang Dipertanyakan

“Akuntabilitas lebih terjaga dan transparansi dengan proses pengadaan secara adil,jika memang penawaran dan hasil evaluasinya bagus akan lebih cepat ditentukan pemenangnya,Dengan adanya aplikasi ini dulunya rekan rekan yang mengikuti pengadaan tidak pernah menang kini dengan adanya aplikasi ini kemungkinan siapa yang memenuhi ketentuan pasti akan menang, karena disini tingkat keadilan lebih diutamakan,” kata Gama Maulana Putra LKPP RI kepada media ini disela waktu pelaksanaan Sosialisasi Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik Versi 4, di Grand Meranto Hotel,kamis (09/11/17).

Dikatakan Gama, saat ini yang menjadi kendala dalam pelaksanaan program ini pertama Infrastruktur dan singkronisasi jaringan terhadap daerah yang sulit mendapatkan koneksi yang baik seperti diwilayah Papua Timur,dan jarak daerah dengan sarana jalan tidak memadai berpengaruh dalam infrastruktur pekerjaan.

Baca Juga :  Bupati Meranti Silahturahmi Bersama Keluarga Besar SMKN I Selatpanjang, Sempena Peringatan Hari Guru Ke-73 Tahun 2018

“Namun,ada beberapa SPSE yang sudah mandiri seperti di Jawa Barat,kalau di Provinsi Riau juga sudah hampir semua aktif dalam menjalankan program ini,pada dasarnya kita dari LKPP tetap mendorong pekerjaan yang terbuka dan adil demi memajukan program pemerintah membangun. Diketahui juga,aplikasi ini tanpa batas seluruh rekanan di indonesia bisa mengakses dan mengikuti pekerjaan diluar wilayah asalkan akuntabilitas terpenuhi dan sesuai prosedur,” terangnya.

Sosialisasi ini akan berlangsung selama dua hari, mulai hari Kamis 09-10 November 2017. ini merupakan peningkatan sistem elektronik untuk menunjang percepatan dalam pengadaan barang/jasa.***


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: