Kepulauan Meranti

Cegah Terjadinya Karhutla di Desa Binaan, Babinsa Koramil 02 Tebing Tinggi Laksanakan Patroli

Cegah Terjadinya Karhutla di Desa Binaan, Babinsa Koramil 02 Tebing Tinggi Laksanakan Patroli

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Cegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di desa binaan, Kodim 0303/Bengkalis melalui Babinsa Koramil 02/Tebing Tinggi Sertu A Harianja, melaksanakan Patroli Karhutla di Desa Kayu Ara, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti. Provinsi Riau. Sabtu (14/11/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Babinsa Koramil 02/Tebing Tinggi Sertu A. Harianja, Sekdes Desa Kayu Ara Abd Gapur, Okai Satpol PP Kecam, MPA Desa Kayu Ara.


Sertu A. Harianja mengatakan, kegiatan patroli ini untuk menekan terjadinya karhutla di desa binaan dan ntuk meminimalisir adanya kebakaran yang sering terjadi di wilayah desa binaan Babinsa.

Baca Juga :  Camat Juwita : Sekarang Ini yang Kita Fikirkan Dampak Ekonomi Dari Covid-19

“Dengan adanya patroli karhutla masyarakat mengerti efek dari Karhutla itu sendiri dan kesadaran masyarakat cara membuka lahan,” ujarnya.

“Akhir-akhir ini cuaca yang sangat panas dan terik membuat cepatnya penyusutan air gambut dan mengeringnya gambut yang terkena panas,” ujarnya lagi.


Tambahnya lagi, yang dikhawatirkan adanya masyarakat yang lengah atau dengan sengaja melakukan pembakaran untuk membuka lahan.

“Karena di beberapa daerah saat ini sudah terjadi kebakaran hutan dan lahan yang semua itu disebabkan oleh manusia yang dengan sengaja melakukan pembakaran dalam membuka lahan,” sambungnya.

Baca Juga :  Guna Tingkatkan Kedisiplinan Dan Nasionalisme, Kwarcab Meranti Adakan Lomba PBB

“Untuk mencegah agar tidak terjadi bencana kebakaran hutan dan lahan, kita mulai dari melaksanakan sosialisasi dan serta melaksanakan patroli bersama.” Tutupnya.

Salah satu masyarakat yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, ayo semua lapisan masyarakat untuk mendukung dan kerja sama dalam pencegahan dan penanganan Karhutla.

“Saya mewakili masyarakat desa kayu ara mengucapkan terima kasih kepada Babinsa Koramil 02/Tebing Tinggi dan semua pihak yang hadir pada Sosialisasi Karhutla, dan semoga bermanfaat bagi kita semua,” ucapnya.(B015/09)

Baca Juga :  Maju di Pilkada Meranti 2020, H. M. Adil Minta Restu Sesepuh di Rangsang

Editor : Agus Salim Hs


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: