Kepulauan Meranti

Cegah Karhutla, Serda Muslim : Dengan Adanya Patroli Kesadaran Masyarakat Cara Membuka Lahan

Cegah Karhutla, Serda Muslim : Dengan Adanya Patroli Kesadaran Masyarakat Cara Membuka Lahan

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di desa binaan, Kodim 0303/Bengkalis melalui Babinsa Koramil 02/Tebing Tinggi Serda Muslim bersama Bhabinkamtibmas Briptu Syafriyanto dan Masyarakat Peduli Api (MPA) melaksanakan Patroli rutin di Desa Maini, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten kepulauan Meranti, Rabu (14/10/2020).

Serda Muslim mengatakan, patroli ini untuk menekan terjadinya karhutla di Desa Maini binaan Koramil 02/Tebing Tinggi. Untuk meminimalisir adanya kebakaran yang sering terjadi di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi Barat.


“Dengan adanya patroli karhutla masyarakat mengerti efek dari Karhutla itu sendiri dan kesadaran masyarakat cara membuka lahan,” ujarnya.

Baca Juga :  Polsek Rangsang Barat Datangi Desa Telaga Baru Sosialisasi Karhutla

Tambahnya lagi, wilayah kecamatan Tebing Tinggi Barat, merupakan daerah yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan, karena memang masih ada lahan masyarakat yang semak dan lahan yang belum di kelola sehingga menjadi hutan dan belukar, ini sangat rentan terjadi karhutla apa bila tidak kita lakukan patroli di daerah ini.

“Pastinya apabila musim kemarau, semak belukar menjadi kering ini sangat mudah terbakar, ditambah lagi pada umumnya lahan bertanah gambut apabila terbakar akan sulit dipadamkan,”ujarnya lagi.


“Tidak bosan-bosannya kami menghimbau kepada warga masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara di bakar dan saling menjaga lahannya agar tidak terbakar,” sambungnya.

Baca Juga :  Uji Coba Berjalan Lancar, Minggu Depan Masyarakat Sudah Dapat Memanfaatkan

“Kami akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat terhadap dampak akibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan.” Tutupnya.(B015/09)

Editor : Agus Salim Hs


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: