Kepulauan Meranti

Cegah Karhutla, Babinsa Laksanakan Patroli Rutin di Desa Lukun

Cegah Karhutla, Babinsa Laksanakan Patroli Rutin di Desa Lukun
Cegah Karhutla, Babinsa Laksanakan Patroli Rutin di Desa Lukun

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah binaan yang rawan dan sering terbakar.

Kodim 0303/Bengkalis melalui Babinsa Koramil 02/Tebing Tinggi Koptu Eka Rafiz bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) melaksanakan Patroli rutin Karhutla di Desa Lukun Kecamatan Tebingtinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (25/3/2021).


Danramil 02 Tebing Tinggi Mayor Arm Bismi Tambunan SE melalui Koptu Eka Rafiz mengatakan, di dalam menghadapi wabah Covid-19. Babinsa koramil 02/Tebing Tinggi tetap melaksanakan patroli karhutla, agar desa tidak terjadi kebakaran dan tidak menambah kepanikan bagi masyarakat.

Baca Juga :  TK Islam Permata Selatpanjang Meriahkan Hari Besar Islam Dengan Berbagai Perlombaan

“Walaupun sekarang lagi maraknya wabah Covid-19 di Kepulauan Meranti. Patroli Karhutla harus tetap dilakukan dalam pencegahan di desa binaan Babinsa,” pungkasnya.

Dan tambahnya lagi, sosialisasi ini juga disebabkan kurang pahamnya masyarakat tentang bahaya akibat dari kebakaran hutan dan lahan.


“Disebabkan dari kelalaian masyarakat membuang puntung rokok juga pada saat melaksanakan aktivitas di lahan perkebunan juga merupakan salah satu penyebab terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan,” pungkasnya lagi.

Lanjutnya lagi, sangat perlu dilaksanakan sosialisasi secara rutin dan terus menerus ke masyarakat untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran.

Baca Juga :  Sebagi Bentuk Antisipasi Penularan Covid-19, Babinsa Laksanakan Prokes di Pelabuhan

“Selain melaksanakan sosialisasi Karhutla, bersamaan juga kita sosialisasi untuk mencegah penularan covid-19 terus aktif  mengimbau kepada masyarakat di desa-desa  yang ada di seluruh penjuru wilayah binaan Koramil 02 Tebing Tinggi,” tutupnya.

Pendapat salah satu dari masyarakat Desa Lukun yang tidak mau disebutkan namanya menyampaikan, dengan adanya sosialisasi dan Patroli Karhutla bersama Babinsa Koramil 02/Tebing Tinggi, dan wanra serta MPA, sangat membantu memberi pemahaman kepada kami cara mencegah kebakaran lahan dan hutan.

Baca Juga :  Apel Besar Karhutla Di Meranti Berlangsung, Bupati Dan Kapolres : Mari Jaga Alam Kita

“Saya mewakili masyarakat desa lukun, sangat mendukung dengan kegiatan yang telah di laksanakan seluruh instansi terkait, agar desa kami tidak ada lagi yang namanya kebakaran hutan dan lahan,” ucapnya.(A03/AH.01)

Editor     : Agus Salim Hs
Sumber : TPC
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: