Kepulauan Meranti

Bupati Meranti Irwan Nasir Resmikan Dua Puskesmas Megah Sekaligus

Bupati Meranti Irwan Nasir Resmikan Dua Puskesmas Megah Sekaligus
Bupati Meranti Irwan Nasir Resmikan Dua Puskesmas Megah Sekaligus

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan Nasir didampingi sejumlah pejabat meresmikan dua Puskesmas sekaligus. Selasa (9/2/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Khalid Ali, anggota DPRD, Fauzi SE, Kepala Dinas Kesehatan, dr Misri Hasanto, Kepala Dinas Perhubungan, Dr H Aready, Kepala Satpol PP, Helfandi dan sejumlah pejabat instansi vertikal.


Dua Puskesmas tersebut adalah Puskesmas Bandul Kecamatan Tasik Putripuyu yang dibangun dengan menggunakan anggaran DAK Afirmasi tahun 2020 senilai Rp7.743.785.797,00.
dengan harga penawaran Rp7.201.685.866,07. Kemudian Puskesmas Teluk Belitung, Kecamatan Merbau yang juga dianggarkan dengan dana DAK tahun 2020 senilai Rp 7.743.785.797,00 dengan nilai penawaran Rp6.969.535.481,90.

Di Bandul, Camat Tasik Putripuyu, Sugiati dalam sambutannya berharap dengan telah dibangunnya Puskesmas tersebut diharapkan dapat meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan.

“Alhamdulillah pada hari ini kita bersama menyaksikan telah selesai dan terbangunnya Puskesmas Bandul setara dengan rumah Sakit Pratama yang diberikan oleh pemerintah dan dipersembahkan untuk masyarakat kecamatan Tasik Putripuyu. Dengan hadirnya ini dapat semakin mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan harapan kita. Dengan adanya bangunan Puskesmas yang megah ini dapat mendorong investasi pembangunan kesehatan dengan berbagai fasilitas yang sudah tersedia,” kata Sugiati.


Dikatakan Sugiati, bahwa pihaknya telah merasakan pembangunan yang dilakukan di era kepemimpinan Bupati Irwan Nasir. Selain di bidang kesehatan, bidang lainnya juga terbangun dengan baik.

Baca Juga :  Tegakkan Prokes, Babinsa Bersama Tim Gabungan Berikan Imbauan

“Selain di bidang kesehatan, kita bisa lihat infrastruktur jalan, listrik dan pemberdayaan ekonomi masyarakat maupun sumber daya manusia yang terus dilakukan sampai saat ini. Kantor Camat dan Puskesmas yang megah ini menunjukkan bahwa Bupati telah sepakat dengan konsep keberhasilan sebuah negeri dimulai dari pembangunan dari pinggiran dan ini bisa kita lihat kantor Bupati sendiri masih sederhana tetapi semua yang berada di pinggir dibangun dengan bagus,” kata Sugiati.

“Terimakasih pak Bupati. Usaha-usaha pembangunan sudah dilakukan selama kepemimpinannya hingga akhir masa jabatan tertanggal 17 Februari 2021 mendatang. Terimakasih juga atas kerja keras dalam rangka melakukan banyak hal untuk kami yang tidak mudah untuk melalui semua ini selama 10 tahun dan hasil usaha yang dilakukan benar-benar kami telah menikmatinya,” ungkapnya lagi.

Camat Tasik Putripuyu itu juga mengucapkan terimakasih kepada keluarga Almarhum Abdullah yang telah menghibahkan lahannya seluas 24.732 M² yang diperuntukkan untuk pembangunan Puskesmas dan perkantoran lainnya.

“Terimakasih kami ucapkan kepada keluarga Almarhum Abdullah yang telah mewakafkan lahan ini untuk pembangunan Puskesmas dan perkantoran lainnya. Ini dilakukan karena sayangnya terhadap Desa Bandul Kecamatan Tasik Putripuyu. Mudah-mudahan selama ini difungsikan maka akan mengalir pahala hingga akhir masa,” ujarnya.

Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan Nasir dalam sambutannya mengatakan dengan telah dibangunnya Puskesmas yang megah tersebut diharapkan juga dilengkapi dengan fasilitas dan penyediaan alat-alat kesehatan yang memadai.

Baca Juga :  Proyek Pembangunan Boxculvert Jalan Tanjung Harapan Lingkar Dorak Gagal Konstruksi,Jadi Buah Simalakama

“Saya berharap pembangunan gedung ini juga disertai dengan penyediaan alat-alat kesehatan yang memadai dan yang terbaru serta yang tidak kalah penting dan urgen menurut saya juga adalah bagaimana kita menyiapkan sumber daya kesehatan tenaga kesehatan yang berkualitas supaya bisa melakukan pelayanan yang baik kepada masyarakat di Kecamatan Tasik Putripuyu,” ujarnya.

Dikatakan Bupati, dirinya juga mengharapkan Puskesmas tersebut dinaikkan statusnya menjadi Rumah Sakit tipe Pratama sehingga masyarakat yang sakit tidak perlu lagi dirujuk uang sifatnya mendadak.

“Kalau bisa Puskesmas ini dan di seluruh kecamatan lainnya bisa ditingkatkan menjadi rumah Sakit Pratama. Dengan begitu diharapkan juga beberapa tenaga dokter spesialis bisa ditempatkan di kecamatan dan kalau itu bisa kita lakukan insyaallah masyarakat-masyarakat yang butuh pertolongan yang sifatnya mendadak dan cepat itu akan bisa lebih ditangani dengan baik. Dimana pada saat ini ibu yang mau melahirkan secara sesar tidak harus dibawa ke Selatpanjang atau ke Bengkalis tetapi nanti kalau status Puskesmas ini bisa ditingkatkan untuk bisa ditangani cukup di rumah sakit Pratama,” ujarnya lagi.

Terhadap bangunan Puskesmas yang lama, Bupati menganjurkan untuk dijadikan sebagai mes tenaga kesehatan.

“Jika dijadikan sebagai tempat mes tenaga kesehatan Kecamatan Tasik Putripuyu saya pikir itu usulan yang sangat baik karena nantinya para tenaga kesehatan ini tidak perlu menyewa dan bisa dikumpulkan dalam satu bangunan sehingga kalau ada kejadian-kejadian mendesak dan mendadak tidak susah masyarakat mencari,” pungkasnya.

UPT Puskesmas Teluk Belitung

Di Teluk Belitung, Kecamatan Merbau, Bupati Irwan Nasir terkagum-kagum melihat kemegahan Puskesmas yang sudah diresmikan itu.

Baca Juga :  Cegah Covid-19, Babina Laksanakan Pendisiplinan dan Sosialisasi di Pelabuhan Tanjung Harapan

“Kita disini untuk meresmikan gedung baru Puskesmas Teluk Belitung.
Saya tadi terkejut juga melihat bangunannya ternyata tidak seperti yang diberitakan di media. Dari laporan yang saya baca bahwa bangunan Puskesmasnya kurang bagus dan banyak masalah. Tetapi setelah melihat kesini saya menyaksikan bahwa gedung ini ternyata luar biasa dan saya ucapkan terimakasih kepada semua yang terlibat,” kata Irwan.

Ditambahkan, fasilitas kesehatan yang dibangun oleh pemerintah adalah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Semua yang dibangun oleh pemerintah ini tujuannya tentu untuk meningkatkan kesehatan Masyarakat khususnya di Kecamatan Marbau ini saya berharap mudah-mudahan dengan semakin bertambahnya fasilitas kesehatan ini tentu akan membuat masyarakat semakin sehat kalau masyarakat sudah semakin sehat tentu banyak hal bisa dilakukan dan bisa bekerja untuk memikirkan hal-hal yang semakin positif. Untuk itu saya titip yang mengelola Puskesmas ini tolong dijaga dan dipelihara dengan baik, dengan gedung baru ini diharapkan akan meningkatkan motivasi seluruh tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan semakin baik kepada masyarakat walaupun hari ini pelayanan sudah diberikan sudah baik dan itu ditandai dengan penghargaan terbaik nasional,” kata Irwan lagi.(A03/AH.01)

Editor     : Agus Salim Hs
Sumber : TPC
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: