Kepulauan Meranti

Bupati Irwan Ajak Masyarakat Bersatu Padu Majukan Negeri Sagu

Bupati Irwan Ajak Masyarakat Bersatu Padu Majukan Negeri Sagu
Bupati Irwan Ajak Masyarakat Bersatu Padu Majukan Negeri Sagu

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Sabtu 19 Desember 2020 merupakan Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Meranti Ke-12 Tahun 2020, puncak Hari Jadi Meranti kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena digelar dengan sederhana ditengah Pandemi Covid-19 mengikuti Protokol Kesehatan, dalam acara Rapat Paripurna DPRD Meranti, meski begitu Peringatan HUT Meranti tetap berlangsung hikmat dengan tidak menghilangkan semangat perjuangan seluruh masyarakat Meranti dalam menyongsong cita-cita, bertempat di Gedung DPRD Meranti.

Rapat Paripurna Peringatan HUT Meranti Ke-12 Tahun 2020, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Meranti Jack Ardiansyah dan dihadiri Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, Wakil Ketua DPRD Iskandar Budiman, Wakil Ketua DPRD H. Khalid Ali beserta Anggota DPRD Meranti, Forkopimda, Sekda Meranti Dr. H. Kamsol, Calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti 2020-2024 H. Adil-H. Asmar, Hery Saputra SH, H. Nuriman, Tokoh Pemekaran Meranti H.mwan Abu Bakar dan lainnya, Jajaran Pejabat Eselon II dan III Dilingkungan Pemkab. Meranti, Pimpinan Partai Politik, Pimpinan Perbankan/Perusahaan, Tokoh Agama/Adat, Perwakilan LSM, dan Masyarakat lainnya.


Prosesi peringatan Hari Jadi Meranti diawali dengan penyerahan sejumlah penghargaan yang diraih oleh Kabupaten Kepulauan Meranti ditahun 2020, Pertama Juara Umum Daerah Paling Berhasil Mengatasi Masalah Stunting dari Pemprov Riau. Kedua Penghargaan Penyaluran Dana BLT Tepat Waktu kepada 31 Desa dari Kementrian Desa. Penghargaan Terbaik Pengelolaan Dana Desa dari Kementrian Desa. Penghargaan Akuntabiltas Pengelolaan Keuangan Daerah dengan meraih WTP 5 Kali berturut-turut dari Menteri Keuangan. Juara I Nasional Puskesmas Berpestasi Kategori Daerah Terpencil dari Kementrian Kesehatan RI. Juara III Nasional Posyandu Remaja Setia Pari Kec. Pulau Merbau Kategori Vidio Jambore Konselor Sebaya Kader Posyandu atas nama M. Zulkarnain.

Baca Juga :  Operasi Gabungan, Iptu Sahrudin : Mari Pakai Masker Demi Kesehatan Bersama

Penyerahan penghargaan langsung diberikan oleh Bupati Drs. H. Irwan M.Si kepada perwakilan penerima.

Sekedar informasi dalam kegiatan itu juga dilakukan Pandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam hal ini Bupati Drs. H. Irwan M.Si dengan Direktur PT. Novatek Eko Solusi Hasanah Candra dalam hal Revitalisasi Penyediaan Fasilitas Air Bersih di Kota Selatpanjang dan sekitarnya.


Dalam pidatonya sempena HUT Meranti Ke-12 Tahun 2020, Bupati Irwan mengucapkan terima kasih kepada para tokoh pemekaran dan seluruh masyarakat yang telah berhasil memperjuangkan terbetuknya Kabupaten Kepulauan Meranti sehingga kini jauh lebih maju dibanding sebelum pemekaran.

Selanjutnya agar Kepulauan Meranti terus maju dan berkembang Bupati mengajak masyarakat untuk berfikir konstruktif dan kreatif dengan meninggalkan cara berfikir destruktif saling hujat karena mainset seperti itu menurutnya hanya akan membawa kemunduran bagi daerah.

Apalagi saat ini Meranti dihadapi dengan tantangan yang begitu keras diantaranya

Baca Juga :  Wabup Meranti,H.Said Hasyim Kungker ke Kecamatan Tebing Tinggi Timur

Tantangan Geografis, Geo Politik, Kebijakan Keuangan, Pembatasan perdagangan lintas batas, Pembatasan pengelolaan lahan hutan dan masih banyak lagi, namun begitu pembangunan yang merata dan berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat  harus tetap dilakukan.

Lebih jauh dijelaskan Irwan, selama 12 tahun inu berbagai upaya untuk membangun daerah telah dilakukan oleh Pemkab. Meranti seperti membangun infrastruktur jalan, jembatan, pelabuhan, gedung sekolah dan lainnya.

Diantara yang telah dilakukan adalah membangun jalan sepanjang 8000-an KM, 64 Ruas Jalan Pemukiman dan masih ada 1000-an jalan lagi yang harus dituntaskan yang kini telah menjadi prioritas pembangunan ditahun 2021, Pembangunan pelabuhan RoRo dan Pelabuhan Kecamatan untuk membuka Isolasi, Peningkatan Elektrifikasi sudah mencapai 80 persen, Terobosan pelayanan kesehatan dengan membangun Gedung Puskemas ditiap Kecamatan, Menaikan Kelas RSUD Merati yang dilengkapi dengan peralatan dan didukung oleh puluhan tenaga Dokter Spesialis, Sektor pendidikan membangun 8 gedung sekolah dan merevitalisasi sejumlah gedung yang tak layak dan akan berlanjut ditahun 2021, Menjalin Kerjasama Dengan Berbagai Perguruan Tinggi dalam upaya Peningkatan SDM, Berprestasi dalam Seni Baca Al-Quran, Mendorong berdirinya Pesantren, Perluasan Sawah dan Ladang Padi yang telah mampu memenuhi 50 persen kebutuhan beras masyarakat Meranti, Pengembangan Potensi Sagu dengan menjadikan Sagu sebagai Pangan Alternatif Nasional, Membangun Centra Industri Sagu untuk pengembangan UMKM, Memiliki Balai Bina Benih Ikan Kakap Putih.

Baca Juga :  Miris, Pengerjaan Proyek "Rehap Gedung Rapat/Gedung Orange Kantor Bupati Meranti" Tanpa Plang

Alhasil dengan berbagai gebrakan tersebut Pemkab. Meranti berhasil melakukan penurunan angka kemiskinan sebesar 17 persen dari 43 persen kini menjadi 26 persen. Dan upaya yang paling luar biasa adalah dengan mempertahankan APBD Meranri di angka 1 Triliun dan berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pengelolaan keuangan daerah 5 tahun berturut-turut.

Namun meski Meranti telah berhasil meraih berbagai capaian dan prestasi selama 12 tahun terakhir, diakui Bupati Irwan kedepan masih banyak PR besar menanti untuk itu Bupati mengajak segenap masyarakat Meranti untuk tetap bersatu padu membangun negeri Sagu sesuai dengan Tag Line HUT Meranti Ke-12 Tahun 2020 saat ini.

“Mari bersama kita wujudkan Visi dan Misi Meranti dengan menjadikan Negeri Sagu sebagai kawasan niaga yang maju dan unggul dalam tatanan masyarakat madani,” ucap Irwan.

Dan terakhir dalam pidatonya Bupati Irwan mengatakan, dengan telah berakhirnya Pilkada Meranti ia mengajak kepada Bupati terpilih nanti dapat merangkul semua pihak untuk bersama-sama membangun Meranti menuju Meranti yang cemerlang terbilang dan gemilang.

Rapat Paripurna HUT Meranti Ke-12 Tahun 2020, ditutup dengan acara makan bersama dan silahturahmi antara Pemkab. Meranti, Forkopimda, Legislator DPRD Meranti dengan masyarakat.(A03/AH.01)

Editor     : Agus Salim Hs
Sumber : TPC
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: