Nasional

BPDes Sabungan Paparkan Dugaan Penyimpangan Dana Pembangunan Desa

BPDes Sabungan Paparkan Dugaan Penyimpangan Dana Pembangunan Desa

BPDes Sabungan Paparkan Dugaan Penyimpangan Dana Pembangunan Desa

Penulis: Zainul Nasution


LABUSEL, TIRAIPESISIR.COM|
Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sabungan Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan (LABUSEL) Ismail Lubis kembali memaparakan bukti dan data atas dugaan penyimpangan sejumlah proyek Pembangunan Desa Sabungan.

Dikatakannya, bahwa dia telah mensurvey kekelapangan pada Tahun 2016, tepatnya berada dilokasi seberang rambin Dusun Sabungan pekan, yang menurutnya disana ada pembangunan jalan Konstruksi Beton bertulang sepanjang 300m.

“Kami Menemukan kejanggalan yang tidak Sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) thn 2016. Adapun kejanggalan itu, pada tanggal 30 Agustus 2017 telah kami laporkan ke Polres Labuhan Batu (Rantau Prapat) karena kami menduga disana telah terindikasi ada praktik korupsi. Jelas-jelas di RKPDes T.A 2016 ditentukan volume bangunan, disepanjang 300m x lebar 1,5m dengan pagu anggaran Rp 149.275.625,- menggunakan besi beton 12mm, kerikil serta ketentuan bestek terdiri dari rangkaian besi 12mm x 8 buah sepanjang 300m dgn volume/kolom rangkaian besi 20cm x 20cm.
Fakta dilapangan, hasil temuan kami BPD Desa Sabungan Besi 12mm x 7 panjang 300m dirangkai dengan volume 25cm x 25cm bangunan seharusnya memakai kerikil diganti dengan sirtu. Demi kepentingan Umum masyarakat di Desa Sabungan, kami (BPDdesa) sebagai Pengemban tugas dan fungsi di Badan permusyawaratan Desa (BPD) telah dituntut oleh undang-undang agar menjaga aset negeri kita ini. Atas kerja sama yg baik di GRUP ini, kami siap menerima saran-saran yg sifatnya membangun NKRI,” papar Ismail ke salah satu Medsos populer, Minggu (17/9/2017).


Di Akun Medsos tersebut ia juga mengomentari paparannya bahwa sampai saat ini ia belum menerima RKPDes dari Kepala Desa sehingga tidak bisa mengawasi pembangunan yang ada di Desa Sabungan.

Baca Juga :  Anggota DPRD Desak,Sekda Kota Dumai Diganti

“Alasannya karena Kadesnya tidak mengerti tugas dan fungsi BPD di desa. Sampai saat ini Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Kades terhadap BPD T.A 2016 belum ada. Darimana kita bisa perbaiki desa,” cetusnya saat mengomentari tautannya di Grup Facebook Apa Khabar Labuhanbatu Selatan!.

Terkait hal tersebut, Kades Sabungan H. Gulmat Rambe ketika ditemui dikediamannya mengatakan tidak membenarkan apa yang disampakan BPDes tersebut.

“Itu tidak benar, karena itu sudah di monitoring oleh Inspektorat, Kecamatan dan PPK,” bantah Gulmat, Minggu (17/9/2017).***

Baca Juga :  BPN Meranti Luncurkan 1500 Persil Sertifikat Gratis Tahun 2017 di Meranti

author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: